Workshop Dari Membaca Menjadi Karya: “Pengenalan Budidaya Anggrek Bagi Pemula”

(22/10) Sleman, Penyelenggaraan Workshop Dari Membaca menjadi Karya: Pengenalan Anggrek bagi pemula adalah kegiatan dalam rangka promosi Minat dan Budaya Baca dalam bentuk pelatihan sebagai tindak lanjut dari program Pemasyarakatan Perpustakaan dan pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Membaca. Kegiatan ini diselenggarakan di Halaman Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman sesuai dengan Adat Kebiasaan Baru (AKB) pencegahan covid 19.

Pada kesempatan Workshop ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa kegiatan dari membaca menjadi karya ini adalah salah satu bentuk transformasi kegiatan perpustakaan yang  berbasis inklusi sosial yaitu merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.  Maka Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman berupaya bertransformasi mengangkat workshop dari membaca menjadi karya,  dengan tema: Pengenalan Budidaya Anggrek Bagi Pemula. Harapan melalui workshop ini peserta tidak saja dapat menambah pengetahuan akan tetapi dapat mencoba peluang usaha di bidang budidaya tanaman Anggrek sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Tujuan penyelenggaraan  Workshop dari membaca menjadi karya ini adalah :

  1. Mengajak masyarakat untuk lebih menggali berbagai pengetahuan yang ada di Perpustakaan.
  2. Memperkenalkan atau mempromosikan berbagai  karya buku dengan subyek tentang  Anggrek.
  3. Memberikan pengetahuan atau wawasan tentang berbagai  Tanaman Anggrek dan potensi budidayanya  bagi khalayak masyarakat.
  4. Memberikan nilai  tambah ekonomi bagi masyarakat atau peserta  melalui pengetahuan yang diperoleh dari setiap materi workshop pustakaan Kabupaten Sleman.
  5. Melihat sisi lain dari tanaman Anggrek yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat.

Melihat sisi lain dari tanaman Anggrek yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat.

Narasumber pada kegiatan ini adalah ibu Ani Martanti, ST. Pemerhati Perpustakaan/Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman dengan menyampaikan  materi Peran Legislatif terhadap Pengembangan Perpustakaan dan  Prof. Dr. Endang Semiarti, MS., M.Sc. Guru besar di bidang ilmu kultur jaringan tumbuhan dan bioteknologi tumbuhan Fakultas Biologi UGM dengan materi pengenalan budidaya anggrek dan praktek membuka botol benih anggrek. Ibu Ani Martanti, ST selaku Ketua Komisi A yang membidangi perpustakaan di Kabupaten Sleman mengajak pengelola perpustakaan untuk ikut menjadikan perpustakaan yang ramah dan memiliki daya tarik dalam upaya mendukung visi Kabupaten Sleman menuju Sleman Smart Regency.

Prof. Dr. Endang Semiarti, MS., M.Sc. mengajak masyarakat untuk mengenal berbagai jenis anggrek terutama anggrek lokal khas DIY, termasuk anggrek khas Sleman yang banyak tumbuh di lereng Merapi  yaitu Vanda Tri Colour karena jika tidak dilestarikan akan hilang nantinya. Sekaligus budidaya anggrek ini memiliki nilai ekonomi dapat menunjang ekonomi masyarakat. Kegiatan Dari Membaca dari Karya yang diikuti 25 Peserta terdiri dari pengelola perpustakaan desa, perangkat desa, ibu PKK, dan Karangtaruna dari berbagai Desa di Kabupaten Sleman.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan