Tertib Tata Kelola Arsip Statis Mewujudkan Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Pemerintah Desa

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan  Sosialisasi Arsip Statis Pemerintah Desa pada hari Rabu, tanggal 18 April 2018 mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Op Room Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Desa pada 30 Pemerintah Desa di Kabupaten Sleman. Adapun narasumbernya, berasal dari BPAD Pemda DIY, Bapak Suhardo Soerotani  dan Dra. Puji Astusti yang merupakan Sekretaris Dinas Perpustakaan Kabupaten Sleman.

Guna mewujudkan Sleman Pintar (smart regency) pada tahun 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan senantiasa berupaya untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Sebagai perangkat daerah yang memiliki kewenangan dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kearsipan dan sekaligus berfungsi sebagai lembaga kearsipan daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah mengimplementasikan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, dan telah menyusun berbagai peraturan sebagai tindak lanjut dari peraturan daerah dimaksud guna mendukung penyelenggaraan kearsipan di lingkup perangkat daerah, BUMD, pemerintah desa, dan masyarakat Kabupaten Sleman.

Dengan ditetapkannya berbagai kebijakan di bidang kearsipan maka diharapkan arsip berfungsi sebagai bukti akuntabilitas kinerja dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik (clean government and good governance) khususya bagi pemerintah desa sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat.

 

Be the first to comment

Tinggalkan pesan