Syawalan 1438H/2017M Pegiat Literasi Kabupaten Sleman di Desa Wisata Pentingsari

Peserta syawalan berfoto bersama seusai acara

Momen Idul Fitri dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling memaafkan dan menyambung tali silaturrahim diantara pegiat literasi di Kabupaten Sleman. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk menyelenggarakan acara Syawwalan 1438 H bersama Perpustakaan Komunitas, Desa, dan GPMB Kabupaten Sleman yang bertempat di Aula Mbah Sastro Desa Wisata Pentingsari, Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamtan Cangkringan, Sleman, Sabtu (8/7).

Penyerahan bantuan buku bagi Pojok Baca Desa Wisata Pentingsari diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi  T.A.P., MM. dan diterima oleh Bapak Doto Yogantoro selaku perwakilan pengelola desa wisata
Penyerahan bantuan buku bagi Pojok Baca Desa Wisata Pentingsari diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.A.P., M.M. dan diterima oleh Bapak Doto Yogantoro selaku perwakilan pengelola desa wisata

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.A.P.,M.M. dalam mengawali acara menyampaikan mohon maaf lahir dan batin serta ucapan Selamat Idul Fitri. Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.A.P., M.M. yang juga mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengutarakan maksud diselenggarakannya acara dan dipilihnya Desa Wisata Pentingsari sebagai ajang silaturrahim dan syawwalan pegiat literasi Kabupaten Sleman.

“Desa Wisata Pentingsari memiliki potensi untuk mengambil peran meningkatkan budaya membaca dan mengembangkan budaya literasi baik pengunjung maupun masyarakat,” tegasnya.

Selain itu beliau menyampaikan urgensi didirikannya pojok baca di desa wisata ini sehingga dapat mendukung pendokumentasian potensi yang ada. 

“Pojok baca yang tersedia secara kearsipan bisa menyelamatkan dokumen potensi lokal, apakah itu budaya, kuliner, apakah itu pertanian dan potensi lokal lain yang bisa didokumentasikan,” ujarnya. Desa wisata juga diharapkan dapat menjadi wahana komunikasi pegiat literasi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan buku bantuan yang dikumpulkan dari seluruh peserta syawwalan dan diterima oleh perwakilan Pengelola Desa Wisata Pentingsari, Bapak Doto Yogantoro. Dalam sambutannya Bapak Doto menyampaikan terimakasih atas kunjungan ke Desa Wisata Pentingsari sekaligus memaparkan kondisi yang ada di lokasi desa wisata tersebut.

Hikmah syawwalan disampaikan oleh bapak Muhsin Kalida, Pengelola Perpustakaan Cakruk Pintar yang juga dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Muhsin menyampaikan arti dari Syawwalan yakni peningkatan. Peningkatan disini dimaksudkan peningkatan pelayanan dan pengabdian di negeri ini untuk membudayakan minat baca. Sebagai seorang pegiat literasi harus menomorsatukan Tuhan di dalam hatinya jika menginginkan kesuksesan dalam berliterasi. Beliau menegaskan gerakan membaca adalah perintah agama.

Muhsin Kalida,S.Ag., M.A,. saat menyampaikan hikmah syawalan
Muhsin Kalida,S.Ag., M.A,. saat menyampaikan hikmah syawwalan

“Orang yang tidak bisa membaca pasti tidak akan tenang hidupnya karena tidak akan mengenal kitabnya, karena kitab itu dibaca,” terangnya.

Muhsin menambahkan, menjadi pustakawan harus memiliki manajemen hati yang baik agar tetap terkontrol emosional dan spiritualnya. Dengan manajemen hati yang baik maka hidup menjadi nyaman dan indah. Melayani dengan senyuman adalah salah satu rahasia sukses pelayanan yang baik.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Perpustakaan, Kepala Bidang Pengembangan Sistem dan Layanan, Kepala Bidang Kearsipan, dan beberapa pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pengelola Desa Wisata Pentingsari, Ketua GPMB Kabupaten Sleman, Ketua FTBM Kabupaten Sleman, dan para pengelola perpustakaan komunitas, desa, dan pegiat literasi di Kabupaten Sleman, ditutup dengan doa yang dibacakan oleh pengelola Pustaka Keliling Adil, Bapak Sidik Pratomo, dilanjutkan bersalam-salaman diantara seluruh peserta.

Peserta saling bersalaman pada acara syawalan 1438 H di Aula Mbah Sastro Desa Wisata Pentingsari, Sabtu (8/7)

Peserta saling bersalaman pada acara syawwalan 1438 H di Aula Mbah Sastro Desa Wisata Pentingsari, Sabtu (8/7)

Be the first to comment

Tinggalkan pesan