Sosialisasi Perpustakaan Digital “E-Book Sleman” di Radio UTY FM, SONORA FM & RADIO KR

Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P.,M.M. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman didampingi Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Pelayanan Perpustakaan Yudhiati Dwi Hapsari, S.Sos., M.AP. dan pustakawan Silvia Renitasari, S.IP.,M.IP. melakukan Siaran Relay 3 Radio dalam rangka Sosialisasi Perpustakaan Digital "e-book Sleman"
Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P.,M.M. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman didampingi Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Pelayanan Perpustakaan Yudhiati Dwi Hapsari, S.Sos., M.AP. dan pustakawan Silvia Renitasari, S.IP.,M.IP. melakukan Siaran Relay 3 Radio dalam rangka Sosialisasi Perpustakaan Digital "e-book Sleman"

Setelah beberapa waktu yang lalu tepatnya 18 Mei 2017, Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si. me-launching aplikasi perpustakaan digital Sleman dengan nama “Perpustakaan Sleman”, bersamaan dengan dibukanya Pameran Potensi Daerah (PPD) 2017 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-101, kali ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mengadakan siaran relay di 3 radio yaitu UTY FM, Sonora FM, dan Radio KR. Siaran dengan tujuan untuk mengkampanyekan aplikasi Perpustakaan Sleman tersebut dilakukan secara live pada Rabu, 7 Juni 2017 di ruang studio siaran Radio UTY FM Medari, Sleman.

Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P.,M.M. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman didampingi Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Layanan Yudhiati Dwi Hapsari, S.Sos., M.AP. dan pustakawan Silvia Renitasari, S.IP.,M.IP. melakukan Siaran Relay 3 Radio dalam rangka Sosialisasi Perpustakaan Digital "e-book Sleman"
Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P.,M.M. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman didampingi Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Layanan Yudhiati Dwi Hapsari, S.Sos., M.AP. dan pustakawan Silvia Renitasari, S.IP.,M.IP. melakukan Siaran Relay 3 Radio dalam rangka Sosialisasi Perpustakaan Digital “e-book Sleman”

 

Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, MM., Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Layanan Yudhiati Dwi Hapsari, S.Sos.,M.AP., dan pustakawan Silvia Renitasari, S.IP., M.IP.

Dalam siarannya para narasumber menyampaikan beberapa keunggulan e-book Sleman, diantaranya:

  1. pembaca tidak diharuskan untuk hadir di sebuah gedung perpustakaan untuk dapat membaca dan meminjam buku sehingga menghemat waktu
  2. pembaca tak harus menunggu sebuah buku dikembalikan beberapa hari lagi untuk dapat dipinjam kembali
  3. e-bookSleman bisa diinstall dan diakses melalui computer (windows) ataupun smartphone.
  4. pencarian judul buku dan kategori yang sangat mudah
  5. koleksi e-book Sleman sejumlah 666 judul 1252 eksempar, meliputi:

000 Karya umum

100 Filsafat dan Psikologi

200 Agama

300 Ilmu Sosial

400 Bahasa

500 Ilmu Murni

600 Ilmu Terapan

700 Kesenian dan Olah Raga

800 Bahasa dan Kesusasteraan

900 Geografi

Cara Pemakaian e-book Sleman

  1. daftar jadi anggota perpustakaan Slemandengan mencantumkan alamat email
  2. selanjutnya akan dikirimkan pesan aktivasi melalui email
  3. e-book Sleman bisa diakses dengan 2 (dua) cara, yaitu:
  • melalui Personal Computer (PC Dekstop) versi windows, langkah-langkahnya:
  • Buka internet  browser
  • Ketik link: https://perpusarsip.slemankab.go.id/
  • Pilih menu E-RESOURCES lalu pilih E-BOOK
  • Pilih menu download
  • Klik tombol download
  • Install aplikasi yang telah didownload
  • Lakukan login dengan nama pengguna (alamat email) dan kata sandi (password)
  • melalui smartphone atau versi android, langkah-langkahnya:
  • Buka playstore di HP anda
  • Ketik Perpustakaan Sleman di pencarian
  • Pilih aplikasinya kemudian install
  • Lakukan login dengan nama pengguna (alamat email) dan kata sandi (password)
  1. buka e-booknya

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan e-book Sleman:

  1. satu pembaca akan mendapatkan satu nama pengguna (user name)dan passwordnya
  2. satu nama pengguna(user name) hanya bisa login satu kali  untuk waktu yang bersamaan/dalam satu waktu. Jadi tidak bisa login dalam 2 versi android dan windows (PC) dalam waktu bersamaan.
  3. satu nama pengguna (user name)hanya dapat membuka buku maksimal 3 judul buku sekaligus. Sebuah login tidak bisa membuka buku dengan judul yang sama lebih dari satu.
  4. pencarianberdasarkan Judul buku, Nama Penulis dan Penerbit.
  5. pencarian Daftar Pustaka berdasarkan frase
  6. jika Idle(tidak ada aktivitas membaca) dalam waktu 1 jam, buku kembali sendiri
  7. jika buku yang sama dibuka untuk kedua kalinya maka aplikasi akan langsung menuju ke halaman terakhir yang dibaca
  8. bagi anggota lama yang belum bisa mengakses e-book Sleman maka bisa menyampaikan nomor anggota beserta alamat email dengan dating langsung ke Perpustakaan Sleman di Jalan Turgo, Denggung, Tridadi, Sleman atau menghubungi nomor HP. 082133185559 (SMS/WA).

 

Kelebihan/keunggulan E-book Sleman adalah:

  1. menu pencarian akan sangat mempermudah pembaca, yaitu dapat melakukan pencarian yang bisa berupa judul, penulis, penerbit, ISBN ataupun kata/kalimat. Dalam hasil pencarian kata/kalimat maka akan muncul dengan lengkap informasi berdasarkan judul, penerbit, halaman serta isi text.
  2. pembaca dapat membuat anotasi(penandaan) terhadap kalimat didalam buku. Fungsi menu ini diibaratkan kita menstabilo kalimat-kalimat penting dalam buku yang dibaca.
  3. Pembaca dapat membuat note(catatan) pada kalimat dalam buku. Hal ini mempermudah pembaca untuk memberikan catatan penting dalam buku yang dibaca.
  4. Terdapat fungsi copy text(copy kalimat) yang sekaligus hasilnya bisa langsung menampilkan info buku (daftar pustaka) berupa judul, penulis, halaman, penerbit dan tahun terbitnya.

Jadi pada intinya aplikasi e-book Sleman ini berusaha menampilkan buku digital dengan perlakuan/pemanfaatan seperti membaca buku fisik pada umumnya, sehingga menu-menu yang dihadirkan mendekati kebutuhan seperti saat membaca buku fisik.

Layanan e-book Sleman merupakan salah satu implementasi smart library dalam rangka mewujudkan Sleman menjadi smart regency yang menitikberatkan pada kemudahan akses informasi kepada masyarakat terhadap sumber-sumber informasi secara cepat dan akurat.

Akses e-book melalui Layanan Pusteling

Layanan Perpustakaan Elektronik Keliling (Pusteling) ini dirintis sejak tahun 2009, menggunakan  fasilitas armada elektronik keliling dari pemerintah Kabupaten Sleman dan dioperasionalkan mulai tahun 2010 meliputi pelayanan internet gratis dan peminjaman buku bagi masyarakat.

Layanan perpustakaan elektronik keliling dimaksudkan untuk mendekatkan koleksi bahan pustaka (buku-buku) kepada pemustaka yang berada di desa dengan fasilitas tambahan berupa pemanfaatan internet untuk browsing (penelusuran) informasi, sehingga pemustaka tidak harus datang secara langsung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk bisa memanfaatkan bahan-bahan pustaka yang disediakan. Jarak terjauh lokasi layanan keliling di SDN Banaran, Cangkringan dengan jarak tempuh  30 km,  jarak terdekat di SDN Gemawang berjarak tempuh 4 km. Pengaturan jadwal layanan dan penyediaan kelengkapan sarana pelayanan dilokasi perpustakaan keliling  bekerja sama dengan pihak sekolah dan masyarakat.

Setelah dilaunchingnya e-book Sleman ini, melalui Layanan Pusteling diharapkan pemustaka dapat menelusur informasi serta membaca koleksi e-book Sleman dengan lebih mudah. Dengan harapan layanan e-book ini dapat dinikmati seluruh pemustaka di wilayah Kabupaten Sleman.

 

Layanan Sosial Media Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

  • Facebook : Perpusarsip Sleman
  • Twitter : perpusip_sleman
  • Instagram : perpusarsipsleman
  • Pin BBM : D715E743
  • Youtube : Perpusarsip Sleman
  • Sms/WA : 082133185559
  • Email : perpusarsip@slemankab.go.id

Be the first to comment

Tinggalkan pesan