Sosialisasi Genta Siaga Tahun 2019 Di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sosialisasi Genta Siaga (Gerakan Cinta Arsip Keluarga) yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Tridadi, Kecamatan Sleman pada hari Selasa, 13 Agustus 2019.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P., M.M. dengan didampingi oleh Kepala Bidang Kearsipan Dra. Sari Respatiningtyas yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis document keeper serta tanda pengenal kepada perwakilan koordinator dan kader Genta Siaga dari Desa Tridadi, Kecamatan Sleman.

Sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber/pemateri yaitu Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P., M.M. selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman dengan materi Kebijakan Kearsipan, Drs. Sudiman, S.Ag, M.Pd.I selaku Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati dengan materi implementasi Genta Siaga di Desa Sendangadi serta Herawati Dian Elvandari, S.S.T.Ars selaku Arsiparis dengan materi teknik pengelolaan arsip keluarga. Sesi terakhir diisi dengan praktek cara pengelolaan arsip keluarga dengan pemandu Antun Siwi Astutiningsih, A.Md selaku Arsiparis.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku lembaga kearsipan daerah melaksanakan pembinaan yang salah satunya adalah sosialisasi tentang tertib pengelolaan arsip perseorangan/keluarga yang lebih dikenal dengan nama “GENTA SIAGA. Gerakan yang dimulai sejak tahun 2016 sampai dengan 2018 telah menyasar tiga desa binaan yaitu Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, dan Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya arsip dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga harus dikelola dengan baik, tertib, sesuai dengan ketentuan dan kaidah kearsipan.

Pada tahun 2019 ini, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman dan Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan  merupakan sasaran dalam pelaksanaan Genta Siaga ini. Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memasyarakatkan atau mengenalkan kearsipan kepada masyarakat melalui penataan atau pengelolaan terhadap arsip yang dipunyai oleh suatu keluarga sehingga mudah untuk dipahami dan dilaksanakan. Disamping itu juga untuk melindungi dan menjamin hak-hak keperdataan perseorangan/keluarga, serta  arsip keluarga terhindar dari resiko hilang, rusak dan dikuasai oleh pihak yang tidak berhak atas arsip tersebut.

Sasaran Genta Siaga  untuk Desa Tridadi, Kecamatan Sleman ini melibatkan 10 (sepuluh) orang koordinator, 15 (lima belas) orang kader pendamping, serta 250 (dua ratus lima puluh) orang yang mewakili keluarga (khususnya keluarga miskin) yang tersebar pada 5 (lima) padukuhan di lingkup Desa Tridadi. Adapun penyelenggaraan Genta Siaga ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Genta Siaga ini dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kearsipan serta untuk meningkatkan perilaku pengelolaan arsip keluarga agar menjadi lebih baik sehingga dapat menjadi budaya tertib arsip pada seluruh anggota keluarga khususnya di lingkungan Desa Tridadi, Kecamatan Sleman dan seluruh keluarga di Kabupaten Sleman pada umumnya.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan