Seminar Rancangan Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Desa

Seminar ini bertujuan untuk mendapatkan masukkan dari beberapa stakeholder terkait dalam penyusunan Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Desa.

Peserta yang diundang sejumlah 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari perpustakaan desa, pemerintah desa dan instansi terkait seperti Bappeda, BPBD, Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Seminar dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Dra. Puji Astuti. Beliau sekaligus memberikan pengarahan pentingnya penyusunan rancangan peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Desa ini.

Seminar ini menghadirkan 4 (empat) narasumber, yaitu: Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, M.M. selaku pemerhati literasi di Sleman dan Sofwan Nugroho, S.H. selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman, ST. Haenry Dharma Widjaja, SH. M.Pd. selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman dan Drs. R. Nur Rochmad, MUM selaku Kepala Bidang Pengembangan Sistem dan Pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Acara diskusi panel dipandu dan dimoderatori oleh Khoirul Azizi, S.IP Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Selanjutnya pada sesi diskusi panel terdapat beberapa masukkan dan saran terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber dalam rangka penyusunan rancangan Raperbup Penyelenggaraan Perpustakaan Desa, antara lain: terdapat beberapa peraturan yang mendasari yang harus disesuaikan dengan peraturan terbaru, seperti regulasi tentang pengelolaan keuangan desa, penambahan layanan bagi difable dan lain sebagainya.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan