Semarak Hari Kunjung dan Bulan Gemar Membaca

Tahukah anda setiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari kunjung Perpustakaan dan Bulan September merupakan Bulan Gemar Membaca. Hal ini sudah dilaksanakan sejak pemerintahan Presiden Soeharto. Pencanangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Merujuk dari hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar membaca yang dilaksanakan pada tanggal 12 September 2019.

Dalam kegiatan ini DPK Kabupaten Sleman menyelenggarakan beberapa kegiatan antara lain Kunjung Perpustakaan untuk anak SD, Kunjung Perpustakaan untuk anak TK, Library Visit untuk karyawan/karyawati DPK Kabupaten Sleman, Perpustakaan Keliling, dan pemberiaan penghargaan kepada pengunjung. Kunjung Perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis, dan di hari kunjung ini sekolah yang berkesempatan mendapatkan jadwal kunjung adalah dari SD Nyaen 2 sejumlah 50 siswa. Kegiatan bersama SD Nyaen 2 adalah library visit dan Lomba Resensi Buku. Awalnya siswa SD Nyaen 2 dijelaskan mengenai fasilitas Perpustakaan Sleman selanjutnya siswa diberikan tugas resensi buku dan dilombakan. Dalam lomba resensi buku diambil 5 pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah berupa tas sekolah.

Selain kunjung perpustakaan untuk anak SD, DPK juga menyelenggarakan kunjung perpustakaan untuk siswa TK yang di dalam kegiatan ini dilaksanakan storytelling. Storytelling pada kesempatan ini dilakukan oleh Kak Tutik dan untuk siswa yang berkunjung dari TK PKK Tridadi Sleman yang berjumlah 70 siswa. Kegiatan storytelling berlangsung sangat menarik, diakhir acara terdapat sesi tanya jawab dan untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari cerita yang disampaikan akan mendapatkan hadiah berupa buku cerita.

Untuk perpustakaan keliling spesial hari kunjung perpustakaan, DPK Sleman memberikan hadiah berupa buku kepada siswa sekolah dasar yang mendapatkan jadwal keliling serta mendokumentasikan kegiatan keliling dalam sebuah video yang dapat dilihat di instagram @perpusarsipsleman. Dan kegiatan terakhir dalam menyemarakkan kegiatan hari kunjung perpustakaan, DPK Sleman memberikan penghargaan berupa souvenir dan buku kepada pengunjung perpustakaan baik yang datang meminjam buku, pengunjung pertama yang hari ini datang ke perpustakaan, pengunjung yang meminjam buku paling banyak, pengunjung setia yang selalu datang ke perpustakaan, dan pengunjung yang membutuhkan informasi tentang layanan di perpustakaan.

Dengan adanya kegiatan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan ini diharapkan minat baca dan minat kunjung masyarakat di Kabupaten Sleman dapat meningkat. Sehingga tingkat literasi masyarakat di Kabupaten Sleman menjadi lebih baik. Perpustakaan sebagai sarana inklusi sosial juga dapat lebih maksimal sehingga mendukung cita-cita Sleman Smart Regency. Ayo Ke Perpustakaan, Ayo Membaca Ayo Berkarya!

Be the first to comment

Tinggalkan pesan