Roadshow Minat Baca Tingkat Kecamatan “Penguatan Budaya Literasi untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Roadshow Minat Baca Tingkat Kecamatan yang bertempat di Balai Desa Caturtunggal, Depok, Sleman. Acara ini dilaksanakan pada Rabu, 11 Maret 2020 yang mengusung tema “Penguatan Budaya Literasi untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Hadir Dra. Sri Wantini, M.Pd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyampaikan sambutan sekaligus sebagai keynote speaker pada acara Roadshow Minat Baca Kecamatan di Caturtunggal ini.

Turut hadir tiga narasumber yang terdiri dari kalangan pemerhati perpustakaan, pegiat literasi dan akademisi. Ketiga narasumber tersebut yaitu Abu Bakar, S.Sos, M.Si selaku Camat Depok, Dr. Muhsin Kalida, MA selaku Ketua GPMB Nasional, dan Thoriq Tri Prabowo, SIP, MIP selaku Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Adapun tamu undangan yang hadir terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Depok, yaitu; pengelola perpustakaan SD/ SMP, pengelola perpustakaan komunitas, PKK, lembaga desa lainnya serta beberapa tamu undangan dari perpustakaan desa berprestasi yang ada di Kabupaten Sleman.

Adanya acara ini, Dra. Sri Wantini, M.Pd mengharapkan lahirnya perpustakaan ataupun pojok baca yang ada di wilayah Caturtunggal yang nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat.

Sedangkan dari ketiga narasumber, dapat disimpulkan bahwa harapannya Desa Caturtunggal dapat mengikuti langkah saudaranya yaitu Desa Condongcatur untuk mulai menghidupkan perpustakaan dengan menonjolkan potensi desanya. Sebab literasi merupakan tanggung jawab setiap orang dan harus dibiasakan sejak dini oleh siapapun. Mulai dari membaca apa yang disukai kemudian dibiasakan. Perpustakaan memang bukanlah satu-satunya tempat untuk membaca, tetapi mulailah berkreasi melalui perpustakaan, karena disitulah sejatinya literasi, dari membaca menghasilkan karya yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat

Be the first to comment

Tinggalkan pesan