Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan Bagi Pengelola Arsip Dan Arsiparis Di Lingkungan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman

Selasa tanggal 25 Juni 2019 bertempat di Puri Mataram, Jalan PJKA, Drono, Tridadi, Sleman, diselenggarakan rapat koordinasi penyelenggaraan kearsipan bagi pengelola arsip perangkat daerah dan arsiparis. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana komunikasi antara pengelola arsip dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah yang mempunyai tugas membantu bupati melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan di bidang kearsipan. Pertemuan diikuti oleh pengelola arsip dari seluruh perangkat daerah di Kabupaten Sleman dan arsiparis. Adapun sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ir. A.A.Ayu Laksmidewi Tri Astika Putri, M.M., dan Kepala Bidang Kearsipan, Dra. Sari Respatiningtyas.  Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan banyak memberikan motivasi dan menyampaikan beberapa hal terkait dengan peran pengelola arsip dalam penyelenggaraan kearsipan di perangkat daerah, antara lain :

  1. Kearsipan merupakan salah satu urusan wajib pemerintah daerah, sehingga perlu adanya perhatian yang proporsional dari perangkat daerah untuk mendukung terselenggaranya kearsipan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Pengelola arsip diharapkan memiliki komitmen yang kuat bahwa ketugasannya adalah penting dalam rangka mendukung kinerja instansi, sehingga ketugasan pengelolaan arsip bukanlah pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan setelah pekerjaan lain selesai. Pengelola arsip harus memiliki tekad yang kuat untuk dapat melaksanakan pengelolaan arsip di instansi secara optimal.
  3. Keterbatasan sarana kearsipan dan kurangnya waktu untuk melakukan pengelolaan arsip bukan sebuah alasan bahwa pengelolaan arsip tidak dapat dilaksanakan, karena pengelolaan arsip adalah sebuah proses jangka panjang yang memerlukan ketekunan dan kesabaran, sehingga dibutuhkan keuletan dan kerja keras para pengelola arsip untuk mewujudkan tata kearsipan yang optimal.
  4. Bagi pengelola arsip yang berminat mengikuti impassing menjadi arsiparis masih ada kesempatan sampai dengan tahun 2021, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman terus berupaya mendorong para pengelola arsip untuk dapat mengikuti program impassing menjadi arsiparis, sebab formasi menjadi arsiparis masih banyak dibutuhkan oleh perangkat daerah.

Dalam kesempatan tersebut juara lomba pengelola arsip teladan tahun 2019 yaitu Adi Nugroho, A.Md dari Kecamatan Depok (juara 1) dan Maryati dari Kecamatan Berbah (juara 2) diberikan waktu untuk menyampaikan testimoni dan berbagi pengalaman dalam melakukan pengelolaan arsip di instansi masing-masing. 

Di penghujung acara Kepala Bidang Kearsipan menyampaikan informasi terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, antara lain lomba narasi arsip foto untuk siswa SMP, Peringatan Hari Kearsipan ke-48, pembinaan kearsipan bagi perangkat daerah dan pemerintah desa. 

Be the first to comment

Tinggalkan pesan