R. Rendradi Suprihandoko, S.H., M.Hum

Personal Profile Rendradi Suprihandoko, S.H., M.Hum

Nama                 : Rendradi Suprihandoko, S.H., M.Hum

Tanggal Lahir  : Sleman, 25 September 1964

Alamat               : Degolan RT 004 RW 004 Umbulmartani Ngemplak Sleman

Hobi                   : Sepak Bola

Pendidikan :

  • SD Bulus II Pakem
  • SMP Negeri Donoharjo
  • SMA Negeri Donoharjo
  • S1 Hukum Universitas Janabadra
  • S2 Hukum Universitas Gadjah Mada

            Sosok pimpinan dewan periode 2004-2009 ini dikenal sangat perfeksionis. Tidak hanya dalam kehidupan keseharian, dalam upaya membuat sebuah kebijakanpun Rendradi dikenal sebagai pribadi yang sangat berhati-hati. Segala kemungkinan yang akan keluar dari gedung wakil rakyat baginya memiliki banyak aspek.

            Sehingga ketika kebijakan dikeluarkan bagi politisi dari PDIP ini memerlukan pertimbangan yang cukup serius. “Kita ini bekerja di lembaga politis, sementara secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sebuah lembaga politis tidak bisa dilepaskan dari persoalan hukum,”tegas mantan Ketua DPC PDIP Sleman periode 2000-2005 ini.

            Penyuka olah raga sepak bola ini, merupakan bapak tiga anak yang memiliki segudang kegiatan. Sehari-hari sebaagi seorang dosen dibidang hukum, Rendradi menghabiskanwaktu di Kampus Universitas Janabadra. Berkutat dengan dunia hukum inilah yang membuat lelaki kelahiran 25 September 44 tahun lalu ini selalu berusaha agar apa yang dihasilkan selalu perfek.

            Bahkan dari kesibukan di lembaha politis dan praktisi akademis di dunia hukum, bagi Rendradi keberadaan politik dan hukum diibaratkan sebagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Sebuah kegiatan politis yang tidak dilandasi oleh hukum sangat dikawatirkan akan melahirkan kegiatan yang berbau anarkis. “Namun ketika hukum berjalan sendiri tanpa adanya perlindungan dari politik tidak akan mampu berjalan bahkan bisa dikatakan lumpuh,” jelas Rendradi sedikit berfalsafah.

            Karir politik Rendradi diawali dari posisi ketia PAC Ngempal. Menjadi pimpinan pengurus partai tingkat kecamatan ini dilakoni dari tahun 1998 hingga 2000. Wawasan yang luas dan kepribadian yang menonjol telah membantu percepatan karir politis dari Rendradi. Dimana pasca memimpin di tingkat kecamatan tahun 2000 itu pula langsung dipercaya untuk memimpin PDIP di tingkat Kabupaten Sleman hingga 2005.

            Ketika karir politik berjalan dengan cepat, karir di dunia akademis dari suami Endang ini ternyata juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di kampus Janabadra, berbagai jabatan penting terkait kegiatan akademis pernah dipegangnya. “Ketua pusat penelitian (LPP) tahun 1996 hingga 1998, pembantu Dekan II Fakultas Hukum Universitas Janabadra tahun 1998-2001,”ungkap Rendradi  yang juga pernah menjabat sebagai pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Janabadra tahun 2001 hingga 2004.

            Sebagai politisi yang terlahir dari parpol yang memiliki jargon partainya wong cilik, sosok Rendradi juga tidak bisa melepaskan keterikatannya dengan rakyat kecil. Sosok yang selain perfeksionis tetapi juga penyabar ini dikenal cukup dekat dengan warga masyarakat tingkat kecil. Bahkan di lingkungan pegawai kelas rendah Rendradi sering terlihat melakukan komunikasi secara langsung. “ah itu hanya bentuk komunikasi, opo yo nek ketua dewan ora entuk ngobrol karo tukang sapu,”elaknya.

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan pesan