Perpustakaan “Sumber Ilmu” Desa Balecatur Raih Juara I Nasional

Perpusdes "Sumber Ilmu" Desa Balecatur, Gamping meraih Juara I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional Tahun 2019

Sleman (17/8) Perpustakaan Nasional RI menggelar ajang kompetisi tahunan yaitu final Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019, diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, mulai pada Rabu 14/8/2019 hingga 17/8/2019. Dan Perpustakaan “Sumber Ilmu” Desa Balecatur, Gamping, Sleman menjadi salah satu peserta yang melaju ke babak final, setelah menyisihkan peserta dari 14 provinsi pada Cluster A.

Perpustakaan “Sumber Ilmu” Desa Balecatur berhasil mengharumkan nama DIY dengan menyabet Juara I Tingkat Nasional Cluster A. Berbagai dinamika perjuangan untuk bisa mewakili Provinsi DIY di tingkat nasional. Perpustakaan Desa Balecatur ini sudah diresmikan sebagai Rintisan Desa Gemar Membaca (RDGM) tahun 2016 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, dilanjutkan mendapatkan Akreditasi Perpustakaan dengan nilai A pada tahun 2018 dari Perpustakaan Nasional melalui Lembaga Sertifikasi Perpustakaan Nasional. Selain itu sebelum masuk tingkat nasional, perpustakaan ini berturut-turut berhasil menjuarai Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY;

Pada tahap final, sebanyak 18 perpustakaan desa/kelurahan yang mewakili provinsi masing-masing bersaing untuk menjadi yang terbaik di tiap-tiap cluster, baik Cluster A, B, dan C. Dimana Perpustakaan Desa Balecatur masuk pada kategori Cluster A. Pada Lomba tingkat Nasional ini Probowo Wulantopo, ST selaku Kepala Perpustakaan Desa Balecatur memaparkan presentasinya di hadapan juri. Para juri terdiri dari berbagai unsur: mewakili Perpusnas RI, Kementerian Dalam Negeri, para pakar perpustakaan, dan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia. Ketua dewan juri dipimpin Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia, yaitu bapak Syamsul Bahri.

Lomba perpustakaan desa tingkat nasional ini merupakan rangkaian kegiatan seleksi secara berjenjang dan sistematis. Yang bisa maju ke tingkat nasional ini harus menjadi juara I di tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Setelah itu dilanjutkan pengiriman berkas ke tingkat nasional, penyeleksian berkas, hingga visitasi lapangan oleh para juri. Hal ini dijelaskan oleh Deni Kurniadi saat pembukaan final lomba di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, pada Rabu (14/8/2019).

Perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, terutama masyarakat desa di sekitar perpustakaan dan masyarakat luas pada umumnya.

Menggerakkan kegiatan Gemar Membaca terutama untuk anak-anak di zaman yang serba elektronik seperti saat ini menjadi sangat penting dan diharapkan minat baca buku dikalangan anak-anak tetap terpelihara.

Perpustakaan Desa Balecatur dengan motto “Maju Desaku Bersama Sumber Imu” senantiasa berusaha melayani masyarakat dengan penuh semangat baru dan harapan baru agar perpustakaan desa dapat memberikan pelayanan yang nyaman dan baik untuk masyarakat wilayah Desa Balecatur khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Salam literasi dari Perpustakaan Desa Balecatur “Sumber Ilmu”

Be the first to comment

Tinggalkan pesan