Perpustakaan Kalurahan Banyurejo Raih Juara I Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Banyak fungsi yang disediakan oleh perpustakaan yang dapat memberikan kontribusi terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Eksistensi perpustakaan tidak hanya dibutuhkan di daerah perkotaan, daerah pedesaanpun membutuhkan kehadiran perpustakaan di tengah-tengah masyarakatnya.

Keberadaan perpustakaan tidak hanya memberikan informasi tetapi juga hadir sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan literasi masyarakat dan lebih jauh lagi bisa memberikan pengetahuan dan ketrampilan melalui pembelajaran life skill yang memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga perpustakaan kalurahan di wilayah Sleman berusaha terus meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan dan literasi bagi masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan performa kinerja perpustakaan kalurahan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap perpustakaan kalurahan. Salah satu bentuk pembinaan dan pendampingan adalah saat perpustakaan kalurahan akan menghadapi akreditasi maupun Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Kalurahan Banyurejo menjadi Juara I Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Lomba ini diikuti oleh 9 perpustakaan desa/kelurahan di wilayah DIY, Kabupaten Bantul diwakili oleh Perpustakaan Pustaka Sembilan Kalurahan Guwosari dan Perpustakaan Griya Baca Trimurti Kalurahan Trimurti. Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Perpustakaan Cemerlang Kalurahan Ngawu dan Perpustakaan Indika Kalurahan Sambirejo. Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Perpustakaan Sidodadi Kalurahan Hargomulyo dan Perpustakaan Swapustaka Kalurahan Hargorejo. Kabupaten Sleman diwakili oleh Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condongcatur dan Perpustakaan Banyurejo Kalurahan Banyurejo. Sedangkan Kota Jogja diwakili oleh Perpustakaan Guntur Berdaya Kelurahan Gunung Ketur.

Ada beberapa tahap penilaian yang harus dilalui oleh peserta, antara penilaian administrasi dan visitasi yang dilaksanakan mulai bulan  Apri sampai dengan Mei 2021. Dalam kesempatan visitasi peserta juga melakukan presentasi. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrumen dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2021.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan