PERPUSTAKAAN DESA PERLU TERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Retno Susiati, SH, M.M. didampingi Kabid Perpustakaan dan Kasi Pemberdayaan Perpustakaan

Perpustakaan merupakan salahsatu sarana untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat. Perpustakaan pada hakikatnya adalah urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh daerah, sehingga Pemerintah Kabupaten Sleman menggarap dengan optimal mengenai hal ini.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Retno Susiati, S.H., M.M., saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan kegiatan Bimtek Teknologi Informasi bagi Pengelola Perpustakaan Desa Tahun 2017. Didampingi oleh Drs. Ign. Yustam Sudrajat, Kepala Seksi Pemberdayaan Perpustakaan, dan Th. Okti Herawati, S.H., Kabid. Perpustakaan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Oproom Kabupaten Sleman pada tanggal 20-23 Maret 2017

Retno Susiati sampaikan kebijakan pengembangan perpustakaan desa dalam Bimtek TI bagi Pengelola Perpustakaan Desa, Rabu (22/03)

Dikatakan Retno bahwa perpustakaan desa wajib dilaksanakan oleh perangkat desa sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007.

“Pengelolaan perpustakaan didasarkan pada dasar hukum, utamanya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” ujarnya.

Untuk mendorong agar seluruh desa di Kabupaten Sleman meningkat kualitasnya, pada bulan April tahun 2017 ini akan diadakan lomba perpustakaan desa dan masyarakat. Dikatakannya pula untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan akan diadakan acara bedah buku dan pameran perpustakaan.

Peserta Bimtek 20-21 Maret 2017 Foto Bersama Setelah Penutupan Acara

Acara Bimtek TI yang merupakan agenda rutin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mengundang beberapa narasumber, diantaranya untuk materi Pengenalan Jaringan Komputer diisi oleh staf Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, materi pengenalan SliMS oleh Pustakawan Universitas Gadjah Mada, dan untuk beberapa materi mengenai kebijakan perpustakaan, otomasi perpustakaan, dan perpustakaan digital diisi oleh beberapa staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Kedepan acara ini akan terus diselenggarakan demi meningkatkan kualitas perpustakaan di Kabupaten Sleman dan juga mewujudkan visi Kabupaten Sleman yakni Terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency (kabupaten cerdas) pada tahun 2021.

[iqbal/editor]

Be the first to comment

Tinggalkan pesan