Pengolahan Arsip Statis Gempa Bumi Tahun 2006

Pengelolaan arsip statis sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kearsipan terdiri dari 4 (empat) kegiatan, yaitu akuisisi arsip statis, pengolahan arsip statis, preservasi arsip statis, dan akses arsip statis. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang bertujuan untuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggungjawaban daerah  bagi  kehidupan  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman sebagai Lembaga Kearsipan Daerah mulai bulan April 2021 melaksanakan kegiatan pengolahan arsip statis gempa bumi tahun 2006 yang diserahkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman di Depot Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Pengolahan arsip statis tersebut dilaksanakan melalui kegiatan menata informasi arsip statis, menata fisik arsip statis, dan menyusun sarana bantu penemuan kembali arsip statis, yaitu inventaris arsip statis gempa bumi tahun 2006.

Dengan disusunnya inventaris arsip statis tentang bencana alam gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006 diharapkan dapat melengkapi sarana bantu penemuan kembali arsip statis atau referensi yang dapat diakses oleh pengguna yang membutuhkan informasi terkait.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan