Pendampingan Perpustakaan Dalam Rangka Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat DIY

Kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman di Perpustakaan Banyurejo mengawali kegiatan pendampingan perpustakan dalam rangka persiapan Lomba Perpustakaan

Dalam upaya melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan serta tugas dan fungsi perpustakaan daerah sebagai instansi yang melaksanakan pengembangan, pembinaan dan pemberdayaan perpustakaan desa, sekolah, dan instansi di Kabupaten Sleman agar sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNI), maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman melaksanakan pendampingan perpustakaan kalurahan dalam rangka persiapan Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kalurahan) Tingkat DIY Tahun 2021.

Dikarenakan pandemi COVID-19 yang  belum juga usai, kegiatan Lomba Perpustakaan Desa/Kalurahan di Tingkat Kabupaten ditiadakan, akan tetapi Lomba Perpustakaan di Tingkat DIY bahkan Nasional masih dilaksanakan. Dalam penyeleksian sebagai wakil dari Kabupaten Sleman perlu adanya survei lokasi dan nantinya akan dibina serta didampingi hingga pelaksanaan lomba.

Setelah melakukan survey yang mendalam, akhirnya sebagai wakil dari Kabupaten Sleman dipilih 2 Perpustakaan Kalurahan, yaitu Condongcatur, Depok dan Banyurejo, Tempel. Pendampingan perpustakaan kalurahan tersebut dilaksanakan oleh Pustakawan DPK Kabupaten Sleman yang dibagi menjadi 2 tim.

Penyerahan Berkas Lomba Perpustakaan Banyurejo, Tempel dan Perpustakaan Condongcatur, Depok di DPAD DIY.

Pendampingan secara intens dilakukan dalam rangka peningkatan pengelolaan perpustakaan dan pembenahan administrasi sebagai bahan lomba yang berbentuk profil, video profil, dan pengisian instrument yang sudah ada. Berkas-berkas tersebut kemudian dikirimkan ke DPAD DIY untuk dinilai oleh Tim Juri, dan keluar 5 besar peserta lomba perpustakaan yang kemudian akan dilanjutkan visitasi langsung ke lapangan.

Perpustakaan Banyurejo, Tempel masuk dalam 5 besar peserta Lomba Perpustakaan Desa/Kalurahan Tingkat DIY Tahun 2021 dan perlu pendampingan kembali dalam rangka visitasi lomba tersebut. Pendampingan Perpustakaan Banyurejo, Tempel hampir dilakukan setiap hari di hari kerja dikarenakan masih perlu administrasi kegiatan untuk mendongkrak kegiatan perpustakaan, kerjasama dengan berbagai elemen perlu ditambahkan, inovasi dan kreasi dari Pengelola Perpustakaan Banyurejo, Tempel juga menjadi nilai lebih dari penilaian lomba ini.

Pendampingan Perpustakaan Banyurejo tahap akhir dalam mempersiapkan visitasi Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat DIY Tahun 2021.

Waktu pelaksanaan pendampingan Perpustakaan Banyurejo, Tempel dijadwalkan pada tanggal 17 sampai dengan 24 Mei 2021 mengingat tanggal 25 Mei 2021 adalah visitasi lapangan langsung oleh Tim Juri Lomba Perpustakaan dari DPAD DIY. Persiapan-persiapan untuk penyambutan Tim Juri lebih dimatangkan, untuk itu perlu koordinasi yang intens antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabuapten Sleman, Lurah dan Perangkat Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel dan Pengelola perpustakaan itu sendiri.

Koordinasi bersama antara DPK Sleman, Lurah Banyurejo dan Perwakilan dari Kapanewon Tempel

Dalam kegiatan visitasi nantinya juga akan dihadiri Bupati Sleman dan Ketua DPRD Kabupaten Sleman, ini menjadi semangat baru untuk tim pendamping dan pengelola perpustakaan dalam menyiapkan kegiatan visitasi tersebut. Semoga apa yang menjadi cita-cita bersama ini sebagai juara akan terwujud.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan