Pencanangan Desa Condongcatur Sebagai Rintisan Desa Gemar Membaca dan Pengukuhan GPMB Kecamatan Depok

Peresmian Perpustakaan Pustaka Loka Desa Condongcatur oleh Bupati Sleman, Drs. Sri Purnomo, M.Si. (21/11)
Peresmian Perpustakaan Pustaka Loka Desa Condongcatur oleh Bupati Sleman, Drs. Sri Purnomo, M.Si. (21/11)

Bupati Sleman, Drs. Sri Purnomo, M.Si. mencanangkan Desa Condongcatur, Depok, Sleman sebagai Rintisan Desa Gemar Membaca (RDGM) pada Hari Kamis, 21 November 2019. Hal ini merupakan salah satu upaya mendorong gerakan gemar membaca di tengah masyarakat desa. Membudayakan gemar membaca di kalangan masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan desa di daerahnya masing-masing. Kegiatan Rintisan Desa Gemar Membaca dilaksanakan dengan tujuan melengkapi berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini, baik berupa pembenahan koleksi perpustakaan, maupun memberikan bimbingan teknis kepada pengelola perpustakaan.

Pejabat dan Pengurus GPMB Kecamatan Depok foto bersama Bupati Sleman
Pengukuhan GPMB Kecamatan Depok oleh Ketua GPMB Kabupaten Sleman, Nuradi Indra Wijaya, S.Pd.

Kegiatan yang dilakukan yaitu Pengukuhan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) tingkat Kecamatan Depok yang terdiri dari tiga desa meliputi Condongcatur, Caturtunggal, dan Maguwoharjo. Pengukuhan GPMB Kecamatan Depok ini melibatkan unsur Pemerintah Desa, Pengelola Perpustakaan Desa, Kepala Sekolah, Pengelola Perpustakaan Sekolah, PKK, Karang Taruna dan Pegiat Literasi.

Pemberian stimulan bahan percontohan berupa bahan bacaan dan rak buku. Sarasehan Minat Baca juga dilaksanakan di acara tersebut dengan narasumber: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, Bapak Arif Haryono, SH.; Camat Depok, Abu Bakar, S.Sos., M.Si; Kepala Desa Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP.; dan Dr. Muhsin Kalida, MA. dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga sebagai pegiat literasi nasional.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sleman, Bapak Sri Purnomo, M.Si juga meresmikan Perpustakaan “PUSTALOKA” Desa Condongcatur dengan penandatangan prasasti yang disaksikan semua pejabat dan tamu undangan.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan