Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan Hasil Restorasi Arsip Pertanahan

Selasa, 13 Agustus 2019 bertempat di Aula Balai Desa Tridadi Sleman, dilaksanakan penandatanganan berita acara penyerahan arsip hasil restorasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman kepada 4 Pemerintah Desa yaitu, Pemerintah Desa Sendangmulyo Kecamatan Minggir, Pemerintah Desa Tegaltirto Kecamatan Berbah, Pemerintah Desa Sariharjo Kecamatan Ngaglik dan Pemerintah Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem.

Jenis arsip yang direstorasi antara lain dari Desa Sendangmulyo berupa arsip letter C Kalurahan lama Kwayuhan I dan Kalurahan lama Kwayuhan II sebanyak 2 bendel (573 lembar), Desa Tegaltirto berupa arsip letter C Kalurahan Lama Krikilan I dan Kalurahan Lama Krikilan II sebanyak 2 bendel (684 lembar), Desa Sariharjo berupa letter C Kalurahan lama Karangmloko dan Kalurahan lama Tambakrejo sebanyak 2 bendel (465 lembar), dan Desa Pakembinangun berupa letter C Kalurahan lama Wonogiri dan Kalurahan lama Padasan sebanyak 2 bendel (527 lembar) serta 3 buah peta desa Kalurahan lama Wonogiri, Kalurahan lama Padasan dan Peta Desa Pakembinangun. Penyerahan arsip hasil restorasi kepada pemerintah desa diserahkan langsung oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ir. A.A Ayu Laksmidewi TP, M.M

Kegiatan restorasi arsip yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman berlangsung mulai tanggal 8 19 Juli 2019, kemudian dilanjutkan proses scanning dan penjilidan dari tanggal 22 31 Juli 2019. Restorasi arsip merupakan tindakan untuk memperbaiki dan memperkuat dokumen atau arsip dengan media berupa kertas atau tekstual dan media baru yang mengalami kerusakan. Kerusakan dapat terjadi karena beberapa faktor seperti faktor fisika, kimia, biota, manusia, serta faktor bencana alam. Restorasi dilakukan dengan metode-metode tertentu yang telah dibakukan secara aturan.

Dengan adanya kegiatan restorasi ini, diharapkan dapat menyelamatkan, melestarikan dan menjaga keawetan baik fisik maupun informasi arsip khususnya arsip-arsip vital maupun arsip-arsip yang memiliki nilai kesejarahan yang tinggi.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan