Pembinaan Perpustakaan SD Muhammadiyah Mantaran, Sleman

Perpustakaan sekolah merupakan sarana pendidikan yang strategis, karena selain sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, juga sebagai barometer standar mutu sekolah. Selain itu perpustakaan memegang peranan penting dalam peningkatan minat baca dan penciptaan masyarakat pembelajar. Akan tetapi kenyataan menunjukkan tidak semua sekolah memiliki fasilitas perpustakaan yang ideal dalam hal manajerial, ketenagaan, dan pengelolaan bahan pustaka.

Dalam rangka pembinaan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan pembinaan perpustakaan di beberapa sekolah. Salah satu yang menjadi binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman adalah Perpustakaan “Baitul Hikmah” SD Muhammadiyah Mantaran, Trimulyo, Sleman. Kegiatan pembinaan dilaksanakan dua hari yaitu hari Selasa dan Kamis, 23 dan 25 Maret 2021. 

Praktik aplikasi Otomasi Perpustakaan menggunakan SLiMS 8 (Akasia)

Kegiatan pembinaan perpustakaan di SD Muhammadiyah Mantaran difokuskan pada pengelolaan perpustakaan, pengaturan koleksi melalui sistem otomasi, dan penjelasan layanan silang layan. Prioritas pembinaan tersebut didasari permintaan dari pihak sekolah.

Perpustakaan “Baitul Hikmah” SD Muhammadiyah Mantaran, Trimulyo, Sleman belum memiliki gedung perpustakaan sendiri masih menempati salah satu ruang di barisan kelas, akan tetapi sarana prasarananya yang dirasa masih kurang memadai. Pengelola Perpustakaan SD Muhammadiyah Mantaran adalah guru seni musik yang dibantukan mengelola perpustakaan.

Tim Pembinaan Perpustakaan diterima langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah Mantaran.

Kehadiran tim pembinaan perpustakaan yang diketuai oleh Kepala Seksi Pembinaan, Ibu Widyastuti, S.Sos dan pustakawan Sleman, Arif Hidayat, SIP. dan Rika Hardiana, SIP. diterima langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah Mantaran, Bapak Muh Tontowi, S.Pd dan Pengelola Perpustakaan Ibu Siti Fatimah Utami, S.Sn. Dengan penuh semangat, Kepala Sekolah dan pengelola Perpustakaan “Baitul Hikmah” SD Muhammadiyah Mantaran berusaha untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan perpustakaan di SD Muhammadiyah Mantaran .

Pendampingan pengelolaan perpustakaan oleh Pustakawan Sleman kepada pengelola perpustakaan sekolah.

Harapan dari pembinaan dan pendampingan perpustakaan sekolah ini, proses penjaringan untuk persiapan akreditasi perpustatakaan dan lomba-lomba perpustakaan akan semakin mudah dilakukan. Selain itu perpustakaan yang sudah dibina akan sesuai Standar Nasional Perpustakaan mulai dari Koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan dan Pengelolaan, serta Komponen Penguatan Kinerja. Sehingga Perpustakaan “Baitul Hikmah” SD Muhammadiyah Mantaran dapat memberikan kontribusi maksimal pada pembelajaran di sekolah serta peningkatan pengetahuan maupun literasi siswa.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan