Pembinaan Perpustakaan Kalurahan Tamanmartani Pemenenang Lomba Epdeskel Tingkat Kabupaten Dalam Menghadapi Lomba Evaluasi Perkembangan Desa Kelurahan (Epdeskel) Tingkat Provinsi Tahun 2021

Perpustakaan Kalurahan Tamanmartani pada awalnya berada pada salah satu deretan ruang perangkat kalurahan yang terdapat pada posisi bagian belakang ruangan-ruangan dan dekat dengan toilet dan mushola. Ruang perpustakaan masih berdampingan dengan ruang PKK. Jumlah koleksi masih terbilang minim yaitu kurang lebih 250 judul atau 500an eksemplar. Fasilitas yang dimiliki perpustakaan yaitu 3 rak koleksi, 1 unit komputer, televisi cable, meja dan kursi administrasi. Pengolahan bahan pustaka sedang diupayakan kalurahan dengan menggunakan program senayan slims. Perpustakaan belum memiliki tenaga khusus pengelola perpustakaan. Koleksi perpustakaan juga belum online.

Kondisi seperti tersebut perlu sekali mendapat pembinaan perpustakaan terlebih lagi dalam menghadapi lomba desa tingkat propinsi DIY.

Pembinaan perpustakaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang diberikan dari Dinas PMK selama 3 hari yaitu tanggal 19, 20 dan 27 Mei 2021. Pelaksanaan pembinaan perpustakaan yaitu berada di depan ruang carik dan di gedung BPKal.

Pembinaan perpustakaan di Kalurahan Tamanmartani ini dilaksanakan oleh pustakawan yaitu Rika Hardiana, SIP. dan yang bersangkutan merupakan salah satu juri lomba Evaluasi Penyelenggaraan Desa dan Kelurahan tingkat kabupaten pada tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Kabupaten Sleman.

Dalam pembinaan perpustakaan ini disampaikan kepada Bapak Lurah, Bapak Carik dan pengelola perpustakaan yang baru ditunjuk. Pada pelaksanaannya disampaikan mengenai standar perpustakaan Kalurahan sesuai dengan Perka Perpusnas RI No.6 tahun 2017 mengenai Standar Nasional Perpustakaan Kalurahan. Penyelenggaraan Perpustakaan Kalurahan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Kalurahan bahwa perpustakaan kalurahan seharusnya memiliki ruang atau gedung tersendiri. Perpustakaan Kalurahan juga harus memiliki Surat Keputusan (SK) Pendirian Perpustakaan kalurahan yang ditandatangani oleh lurah dan dinaikkan ke tingkatan yang lebih tinggi yaitu Camat selanjutnya Bupati atau Kepala Daerah. Perpustakaan kalurahan juga perlu memiliki tenaga pengelola perpustakaan secara khusus, untuk itu seharusnya juga dibuatkan SK pengelola perpustakaan disertai dengan struktur organisasi perpustakaan dan juga job deskripsi petugas. Jumlah standar koleksi perpustakaan kalurahan yaitu kurang lebih 2000 judul.

Program perpustakaan yang dipergunakan dapat dionlinekan agar dapat memenuhi standar. Cara mengonlinekan dapat bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bidang Pengembangan Sistem Perpustakaan. Sarana prasarana perpustakaan kalurahan sebaiknya memiliki rak minimal 6 rak sirkulasi, dilengkapi rak koleksi lain sesuai dengan peruntukannya. Terdapat meja baca, atau ruang baca yang dapat menampung kurang lebih 25 orang. Kepemilikan komputer lebih dari 1 unit, yang dipergunakan untuk pelayanan, OPAC dan presensi, dan juga untuk pengolahan.  Anggaran perpustakaan kalurahan sesuai dengan standar nasional perpustakaan kalurahan yaitu minimal 5%. Anggaran ini diharapan rutin dan berkesinambungan.

Pembinaan perpustakaan Kalurahan Tamanmartani ini memberikan saran untuk ruang perpustakaan dapat dialihkan di gedung barat, menggantikan ruang kelembagaan. Pada posisi tersebut ruang perpustakaan lebih luas, posisi juga tampak lebih strategis karena dekat dengan pintu masuk kantor kalurahan. Sarana prasarana seperti AC, rak koleksi, ruang baca dengan menggunakan tipe lesehan berkarpet disarankan untuk bisa diadakan. Denah tata ruang sudah dibuatkan sketsanya, pihak kalurahan berupaya untuk memenuhi setting ruang tersebut. Koleksi yang hanya sedikit disarankan untuk dapat membuat surat edaran Lurah mengenai hibah buku warga masyarakat Tamanmartani dengan memberikan minimal koleksi layak baca yang dihibahkan dari tiap padukuhan dan dapat dishare lagi pada tiap RT. SK Pendirian perpustakaan dan SK pengelola saat ini juga telah dibuat.

Progres dalam pembinaan perpustakaan Kalurahan Tamanmartani ini terbentuk ruang perpustakaan pada gedung barat namun harus berdampingan dengan ruang BPKal karena keterbatasan ruangan. Jumlah koleksi sudah meningkat menjadi 2000an eksemplar, diadakan dari taman bacaan masyarakat yang berada pada padukuhan dihibahkan ke perpustakaan Kalurahan. Sistem automasi perpustakaan Senayan Slims sudah terinstal pada komputer pelayanan dan komputer OPAC. Rak koleksi dapat tepenuhi sejumlah 6 rak. Meja baca tersedia 2 meja dan 2 kursi baca. Tempat baca lesehan terbentuk dengan menggunakan meja-meja kecil berjumlah 6 buah. Komputer tersedia 2 unit diperuntukkan OPAC dan presensi dan untuk komputer pelayanan dan pengolahan dilengkapi dengan meja administrasi. AC berjumlah 1 unit sebagai pendingin udara, dan terpasang televisi cable diperuntukkan pemutaran film bagi anak-anak TK dan PAUD.

Beberapa kendala yang dihadapi pada saat pembinaan perpustakaan ini yaitu terbatasnya link dan waktu pada saat akan menyampaikan beberapa saran yang harus dilakukan untuk penyelenggaraan perpustakaan. Personil yang dapat melaksanakan pemenuhan kebutuhan perpustakaan juga terbatas. Anggaran perpustakaan yang dipergunakan dalam penyelenggaraan perpustakaan harus berbagi dengan penyelenggaraan kegiatan kalurahan yang lain.

Beberapa saran yang dapat diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman dalam rangka pembinaan ini diharapakan Lurah beserta jajarannya dapat mendukung penyelenggaraan perpustakaan Kalurahan. Penyelenggaraan perpustakaan kalurahan bermanfaat bagi warga masyarakat Tamanmartani sebagai tempat sumber informasi, rekreasi dan kreativitas. Perpustakaan dapat memberikan informasi yang valid kepada pemustakanya. Perpustakaan juga menyediakan koleksi hiburan seperti novel, cerita rakyat yang dapat menjadi sarana rekreasi masyarakat. Perpustakaan juga menjadi sarana kreativitas. Karena dengan membaca, pemustaka dapat mengkreasikan hasil bacaannya dan dapat juga bermanfaat untuk meningkatkan sumber pendapatan masyarakat. Perpustakaan Kalurahan Tamanmartani diharapkan dapat diselenggarakan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, namun butuh waktu dalam pelaksanaannya. Perlu sekali ada komitmen dari Lurah, carik dan perangkat kalurahan yang lain dalam penyeleggaraan perpustakaan kalurahan  agar dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Tamanmartani.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan