Pembinaan Perpustakaan di SD Negeri Delegan 3

Keberadaan perpustakaan bukanlah semata pelengkap kegiatan belajar mengajar di sekolah. Justru, perpustakaan merupakan jantungnya layanan pendidikan di semua lini, mulai dari pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, hingga perguruan tinggi. Di lini pendidikan dasar, perpustakaan sekolah memiliki peran yang besar sebagai sumber informasi dan referensi utama bagi peserta didik maupun tenaga pendidik.  Namun, tidak sedikit perpustakaan sekolah yang belum dikelola secara profesional sehingga perannya kurang optimal dalam mendukukung pembelajaran dan literasi di sekolah.

Program peningkatakan kapasitas dan profesionalitas pengelolaan perpustakaan sekolah memang menjadi salah satu tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari selasa dan kamis tanggal 23 dan 25 Maret 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melakukan pendampingan perpustakaan sekolah di SD Negeri Delegan 3 Polangan, Sumberharjo, Prambanan. Dalam kesempatan tersebut tim Pembina perpustakaan Ratih Wulandari, S.IP.Pus, Agus Widada, A.Md, dan Rika Meitasari, A.Md diterima oleh Kepala Perpustakaan, Gregi Nilas Priyo Utomo, S.Pd. dan beberapa pengelola perpustakaan.

Pembinaan perpustakaan ini merupakan pendampingan kepada pengelola perpustakaan sekolah, dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Materi yang disampaikan meliputi pengelolaan bahan pustaka, otomasi perpustakaan, akreditasi perpustakaan, serta kiat-kiat dalam mengoptimalkan fungsi perpustakaan dan literasi disekolah. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan tenaga pengelola perpustakaan sekolah mampu mengelola perpustakaan dengan profesional sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dan ke depan dapat mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan