Pembinaan Kearsipan di Kapanewon Cangkringan

Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Betty Indriati menjadi narasumber dalam acara Pembinaan Kearsipan yang diselenggarakan oleh Kapanewon Cangkringan pada Kamis, 18 Februari 2021. Pembinaan kearsipan kali ini mengangkat tema tentang Mekanisme Penyusutan Arsip.

Acara yang dibuka oleh Panewu Anom Kapanewon Cangkringan ini menghadirkan peserta pengelola arsip di lingkungan Kapanewon Cangkringan dan pengelola arsip seluruh kalurahan di lingkungan Kapanewon Cangkringan. Kegiatan penyusutan arsip yang dilaksanakan oleh Kapanewon Cangkringan belum sepenuhnya berjalan, sehingga perlu didukung dari semua pihak untuk dapat mewujudkan kesempurnaan daur hidup arsip mulai dari penciptaan hingga penyusutan. Kegiatan penyusutan arsip baru sebatas pada kegiatan pemindahan arsip inaktif yang telah rutin dilakukan.

Pada kesempatan tersebut, narasumber memberikan penjelasan bagaimana proses pemusnahan arsip secara teknis serta strategi apa yang dapat dilakukan agar pemusnahan arsip dapat terwujud dan dapat dilakukan secara rutin guna mengurangi volume arsip yang ada di masing-masing unit kerja. Keuntungan dari penyusutan arsip selain efisiensi waktu, sarana dan prasarana, juga dapat mempercepat penemuan kembali arsip. Acara yang terakhir diisi dengan praktek cara penyusunan daftar arsip usul musnah dari arsip permohonan KK, KTP yang rencananya akan menjadi target sasaran penyusutan arsip tahun ini. Dukungan dan dorongan dari semua pihak mulai dari pucuk pimpinan sampai bawahan merupakan kunci keberhasilan dalam pengelolaan kearsipan agar tercipta budaya tertib arsip pada masing-masing Perangkat Daerah.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan