Pemaparan Implementasi Program Smart City Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kamis (6/12/2018) melalui Kepala Dinas Ibu Ir. A.A. Ayu Laksmidewi T.P., M.M. menyampaikan evaluasi Implementasi Program Smart City Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Sleman Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman dan dihadirkan pula narasumber Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman dan Narasumber pembahas yakni Bapak Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, CA, AK selaku Tim SPBE Kementerian PAN dan RB yang sekaligus menjabat sebagai Tim Tenaga Ahli Penyusunan Rencana Strategis Jogja Smart Province.

Beberapa program smart city Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas, meliputi dua aspek yaitu dari aspek Perpustakaan dan Kearsipan. Aspek perpustakaan yang mendukung smart city seperti, Layanan mandiri pemustaka di Perpustakaan Sleman, Online Public Access Catalog (OPAC) layanan, Sleman One Search (SOS) layanan untuk melakukan pencarian buku di Perpustakaan Desa, dan E Book Sleman yang saat ini telah memiliki koleksi buku sejumlah 1365 judul buku. Untuk aspek Kearsipan sendiri seperti Sistem Informasi Manajemen Arsip Daerah (SIMARDA), Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN), dan Sistem Informasi  Kearsipan Statis (SIKS). Saat ini yang dikembangkan secara khusus di Kabupaten Sleman adalah SIMARDA. Pada tahun 2018 ini diawali dengan pelaksanaan Bimtek tujuh perangkat daerah yang akan dijadikan pilot project sekaligus implementasinya.

Selain itu juga terdapat inovasi layanan perpustakaan dan kearsipan. Inovasi layanan perpustakaan diantaranya Rintisan Desa Gemar Membaca, Perpustakaan Keliling, Wisata Pustaka, Silang Pinjam, Desa Mandiri Gemar Membaca, Pembinaan dan Pendampingan Perpustakaan Sekolah dan Desa, Gerakan Cinta Membaca Menghadirkan Karya (Genta Cahaya), Lomba Menulis, Lomba Bercerita Wayang, Jambore Literasi, Forum Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca, Road Show Minat Baca, Lomba Minat Baca dan Bedah Buku.
Sedangkan inovasi layanan kearsipan meliputi Gerakan Cinta Arsip Keluarga (Genta Si Aga), Penyusunan Storyline Sejarah Sleman, Restorasi Arsip dan Penelususran Arsip, Pendampingan dan Pembinaan Kearsipan ke perangkat daerah, BUMD, ormas dan pemerintah desa, penyusunan kajian kearsipan, akuisisi arsip, lomba tertib arsip serta program penghapusan arsip sesuai Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Untuk meningkatkan pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dibuat pula beberapa pelayanan online yang menggunakan media sosial seperti, Whatsapp, Facebook, Twitter, BBM, Youtube, serta official website perpusarsip.slemankab.go.id.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan