Pelaksanaan Penyelamatan Arsip Perangkat Daerah Yang Dibubarkan dan Digabung

Pada hari Kamis 24 Juni 2021 dan Jumat 25 Juni 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Tim Penyelamatan Arsip melaksanakan monitoring guna pendataan awal dan identifikasi arsip dalam kegiatan Penyelamatan Arsip Perangkat Daerah yang Digabung dan Dibubarkan.

Kegiatan penyelamatan arsip merupakan tindakan atau langkah langkah penarikan atau pengambilalihan arsip secara sistematis dalam rangka penyelamatan arsip statis pada lembaga negara dan satuan kerja pemerintah daerah sejak penggabungan atau pembubaran ditetapkan.

Adapun tujuan dari kegiatan dimaksud adalah dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai alat bukti pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara terencana, terpadu dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut juga merupakan amanat UU 43/2009 tentang Kearsipan pasal 35 ayat (2) dan (3) serta berdasarkan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelamatan Arsip Penggabungan atau Pembubaran Lembaga Negara dan Perangkat Daerah, yang menyebutkan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berkewajiban melaksanakan penyelamatan arsip bagi perangkat daerah yang mengalami penggabungan atau pembubaran.

Menurut Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelamatan Arsip Penggabungan atau Pembubaran Lembaga Negara dan Perangkat Daerah, seluruh arsip yang tercipta dari hasil kegiatan Lembaga Negara dan Perangkat Daerah pada saat penetapan pembubaran menjadi tanggung jawab lembaga kearsipan sesuai kewenangannya. Penyelamatan Arsip Pembubaran Lembaga Negara dan Perangkat Daerah diutamakan terhadap arsip vital, arsip terjaga dan arsip statis.

Sedangkan pada penyelamatan arsip perangkat daerah yang digabungkan, seluruh arsip yang tercipta dari hasil kegiatan Perangkat Daerah pada saat penetapan penggabungan menjadi tanggung jawab Perangkat Daerah yang digabung, dan terhadap arsip statis dilaksanakan oleh Tim Penyelamatan Arsip dari LKD.

Pada tahun 2021 ini pelaksanaan penyelamatan arsip perangkat daerah yang dibubarkan yang menjadi sasaran adalah Dinas Sumber Daya Air, Energi dan Mineral dimana pada tahun 2016 terjadi perubahan kelembagaan, dimana tugas dan fungsi dari lembaga tersebut sebagian kewenangannya berpindah di Pemda DIY sebagian melekat pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman. Sedangkan sasaran penyelamatan arsip perangkat daerah yang digabungkan adalah Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI yang dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Sleman Nomor 9 Tahun 2009 dan telah mengalami perubahan berupa penggabungan lembaga menjadi UPTD pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman berdasarkan Perda Kabupaten Sleman Nomor 11 Tahun 2016 dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sleman Nomor 38.21 Tahun 2018.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan