“Nglengis” Sentra Kuliner Bebek Bacem

Kabupaten Sleman  merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian paling utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbicara  Kabupaten  Sleman, tentu akan langsung terbayang wisata khas pedesaan dan juga obyek wisata alam Gunung Merapinya,. Nah….Kabupaten Sleman menyimpan segudang kuliner khas yang nikmat dan dijamin membuat lidah kita bergoyang. Kebetulan sedang berwisata atau melewati kabupaten yang berslogan Sleman Sembada ini, wajib mampir ke tempat  wisata kuliner khas Sleman.

Jika  ingin menikmati  olahan berbahan bebek,  silahkan untuk mengunjungi  kawasan Tempel yang terletak di ujung barat Kabupaten Sleman dan  berbatasan dengan Kabupaten Magelang, yaitu “Bebek Bacem Nglengis”

Dusun Nglengis , terletak diwilayah Desa Banyurejo Kecamatan Tempel,  dulunya  warga kampung ini mempunyai profesi sama  yaitu usaha dibidang bebek,  baik usaha  ternak bebek  maupun   daging bebek  yang diolah.

Dengan banyaknya warga yang menekuni  usaha bebek maka Dusun Nglengis dikenal cukup luas dan tenar sejak dahulu hingga. Bebek di Dusun Nglengis ini dahulunya sempat berjaya bagus  namun lambat laun  kini mengalami penurunan dan mulai meredup . Warga mulai beralih ke hal lain, sehingga  hanya beberapa orang saja yang masih menekuni usaha bebek  ini. Itupun  karena usaha ini  diwariskan secara turun temurun , sehingga masih  setia menjadikan usaha dibidang ini  merupakan napak tilas  bahwa Nglengis  adalah sentra usaha ternak bebek dan kuliner bebek bacemnya “  akan terukir sampai kapanpun .  Hingga saat ini kira-kira tinggal 9 (sembilan) orang yang masih setia menekuni  bidang usaha ini.

Salah satunya adalah Ibu Mujimin , kini usianya yang sudah lanjut  masih setia  menekuni usaha  bebek bacem, Ibu  Mujimin  buka usaha  bebek bacem sejak tahun 1970. bebeknya didapat dari suaminya yang berternak bebek. Bebek dibelinya diwilayah  Muntilan dan Magelang. Ibu mujinem  memanfaatkan bebek yang sudah tua dan tidak produktif lagi untuk bertelur  atau disebut bebek afkiran  sebagai olahan masakan  yaitu  bebek bacem . Bebek yang  sudah tua akan terasa lebih gurih lebih enak  dari pada bebek yang masih muda atau disebut meri. Usaha ini merupakan usaha warisan dari Mbah Welas,  mbah buyut  dari ibu Mujimin.

Bacem merupakan salah satu seni memasak tradisional yang yang sangat digemari oleh masyarakat di Jawa khususnya. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta  memiliki citarasa yang manis , seperti halnya bacem juga memiliki citarasa yang manis.

Bebek bacem Nglengis berbeda dengan bebek bacem  ditempat lain  terutama citrarasa bumbu dan cara pengolahanya. Untuk menjadikan olahan bebek bacem  yang empuk ,bebek yang sudah diberi bumbu direbus diungkep  kurang lebih selama 3 jam agar  bumbunya meresap  dan  tidak amis.   Racikan bumbunya  merupakan bumbu dapur lengkap  terdiri dari bawang merah, bawang putih, salam, laos, jahe, ketumbar, kemiri,  garam, ditambah gula jawa yang banyak sehingga akan terasa manis, kemudian diberi santan, memasaknyapun menggunakan kayu bakar sehingga akan menambah gurihnya daging bebek.

Bebek bacem olahan ibu Mujimin bisa bertahan sampai malam hari  tidak basi, 1 ekor bebek bisa menjadi 15 potong, harga perpotong  ada yang  Rp.15.000 ada yang  Rp.7.000 tergantung besar kecilnya potongan.  Bebek bacem bu Mujimin ini dijual di pasar tradisional  Ngluwar, Kecamatan Ngluwar,  Kabupaten Magelang  yang  jaraknya  kurang lebih 8 Km dari rumahnya. . Berangkat pukul  6.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB bebek bacem sudah habis terjual. Setiap hari menghabiskan 7 –  8 ekor bebek. Harapannya  bebek bacem Nglengis tetap ada dan diteruskan oleh anak cucunya dan bisa berkembang sehingga Dusun  Nglengis akan di kenal oleh masyarakat lagi khususnya di Sleman

Selain Ibu Mujimin masih ada 8 (delapan) warga dusun Nglengis  yang setia menekuni usaha bebek bacem ini , ada yang dipasarkan sendiri ada pula yang dijajakan ke pasar-pasar  atau disetorkan ke warung  makan. Umpama ada yang pesan , pesanya harus sehari sebelumnya sehingga pagi harinya sudah matang. Keistimewaan dari bebek bacem Dusun Nglengis ini  adalah dari rasa yang gurih dan daging bebeknya yang empuk. Pokoknya mantab banget! apalagi  disantap dengan nasi hangat, sambal dan lalapan.  Bebek bacem Nglengis ini bisa dijumpai di Pasar  Ngino, Pasar Nambongan, Pasar Sleman, Pasar Tempel, Pasar Gendol, Pasar Balangan, Pasar Bon Agung dan Pasar Ngijon. Nah untuk itu bagi anda yang menyukai bebek bacem, ini bisa sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Sleman  untuk keluarga.

 

Sumber :

  1. Wawancara dengan Ibu Mujimin ,Dusun Nglengis (16 Maret 2018)
  2. Bebagai sumber

Be the first to comment

Tinggalkan pesan