Mari Cegah Penyebaran Covid-19, Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Social Distancing dan Jangan Lupa Pakai Masker

penyediaan hand sanitizer di lingkungan kerja
penyediaan hand sanitizer di lingkungan kerja

Seperti kita ketahui pada awal tahun 2020, infeksi 2019-nCoV menjadi masalah kesehatan dunia. Kasus ini diawali dengan informasi dari World Health Organization (WHO) pada tanggal 31 Desember 2019 yang menyebutkan adanya kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kasus ini terus bertambah parah hingga akhirnya diketahui bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus. Kasus ini terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman ikut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya pengaturan jam kerja sesuai Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 061/00839 tanggal 24 Maret 2020 hal Pelaksanaan Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Selain itu, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga diberlakukan di lingkungan kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, seperti menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, menjaga jarak (social distancing) dan tidak lupa pula pemakaian masker di lingkungan kerja.

Sesuai dengan arahan Bapak Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebarluasan Virus Corona atau COVID-19. Sebagaimana telah dinyatakan Presiden RI sebagai bencana nasional. Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah berupa:

  • Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,
  • Tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak,
  • Menjauhi kerumunan dengan menjaga jarak (minimal 1 meter) atau social distancing,
  • Melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri,
  • Memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala demam (panas), flu, batuk, dan sesak nafas.
social distancing di lingkungan kantor
cuci tangan memakai sabun di air mengalir

Be the first to comment

Tinggalkan pesan