Lomba Menulis Esai untuk Siswa SMP/MTS se-Kabupaten Sleman

Perpustakaan merupakan jantungya pendidikan. Kehadiran perpustakaan dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya perannya  dalam meningkatkan minat baca siswa. Banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Salah satunya dengan kegiatan menulis. Menulis merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman bekerjasama dengan SMP N 4 Pakem, menyelenggarakan kegiatan Lomba Menulis Esai untuk siswa SMP/MTS se-Kabupaten Sleman yang dilangsungkan tanggal 19 Juni 2019. Pemilihan SMP N 4 Pakem sebagai tempat penyelenggaraan mengingat SMP N 4 Pakem merupakan salah satu sekolah yang konsisten dalam kegiatan literasi.

Lomba Menulis ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak dengan mengungkapkan gagasan secara tertulis. Sehingga secara tidak langsung minat dan budaya baca anak dapat terasah. Dan dapat mendorong anak untuk menambah, memperluas wawasan pengetahuan melalui bacaan. Dengan lomba menulis anak dilatih untuk menuangkan ide gagasanya di dalam sebuah tulisan yang terinspirasi dari hal-hal di sekitar termasuk dari proses membaca.

Tema dalam lomba menulis kali ini adalah Literacy for Smart Regency. Dimana tulisan dapat mengandung salah satu unsur kebhinekaan dan persatuan bangsa, lingkungan, sosial, pendidikan, dan ekonomi. Tulisan dibuat maksimal 2 lembar halaman folio dalam waktu 2 menit. Pada pelaksanaanya lomba menulis ini berjalan dengan lancar diikuti sekitar 300 siswa SMP/MTS se-Kabupaten sleman.

Teknis kegiatan lomba menulis pertama siswa dikumpulkan di aula SMP N 4 Pakem untuk diberikan pengarahan serta mengikuti pembukaan acara yang dibuka langsung oleh Ibu Dra. Muslimatun, M.Kes. (Wakil Bupati Sleman). Pada kesempatan ini, wakil bupati menyampaikan  terimakasih untuk partisipasinya dalam lomba menulis ini mengingat kegiatan menulis bukan kegiatan yang mudah dilakukan dibutuhkan pengetahuan dan kreatifitas dalam penyampaiannya. Kegiatan literasi menulis merupakan bagian dari proses pendidikan yang membentuk watak dan peradaban yang mencerdaskan.

Setelah acara pembukaan selesai siswa diarahkan menuju ruang masing-masing untuk selanjutnya melaksanakan kegiatan lomba. Penentuan ruang kelas ditentukan oleh panitia, sehingga siswa menjadi acak tidak bercampur satu sekoah yang sama. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan. Setiap ruang didampingi oleh satu pendamping dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta satu dari guru SMP N 4 Pakem.

Semua naskah tulisan akan dinilai untuk diambil 5 naskah terbaik atau diambil juara 1 sampai juara harapan 2. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada hari senin tanggal 24 Juni 2019 melalui web dinas www.perpusarsip.slemankab.go.id . Untuk 40 naskah terbaik akan dibukukan dalam bentuk antologi buku ber-ISBN.

Menulis adalah kegiatan mengarsipkan ide dan gagasan dalam sebuah karya nyata. Salam literasi. Salam Arsip.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan