Lomba EpDeskel Tingkat Provinsi Tahun 2021

Dalam rangka persiapan Lomba Evaluasi Perkembangan Desa Kelurahan (Epdeskel) Tingkat Provinsi Tahun 2021 Kalurahan Tamanmartani merupakan salah satu kalurahan yang mewakili Kabupaten Sleman untuk maju Lomba EpDeskel Tingkat Provinsi Tahun 2021, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman mengadakan monitoring dan pendampingan disegala aspek diantaranya  aspek pengelolaan administrasi kearsipan. Monitoring dan pendampingan kearsipan  dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sesuai jadwal  yaitu tanggal 19, 20 dan 27 Mei 2021 yang dilanjutkan dengan gladi bersih tanggal 1 Juni 2021.

Pelaksanaan monitoring dan pembinaan kearsipan di Kalurahan Tamanmartani di wakili oleh Lestari, Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman  yang sejak awal ditunjuk sebagai Juri Lomba Epdeskel Tingkat Kabupaten Tahun 2021. Pada tanggal 19 Mei 2021 dilaksanakan monitoring yang diterima langsung oleh  Bapak Carik dan pengelola administrasi Kalurahan Tamanmartani serta dihadiri  dari Kapanewon Kalasan dan Dinas PMK Kabupaten Sleman.

Dalam upaya untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan kegiatan pemerintahan adalah tertib administrasi kearsipan, pengelolaan kearsipan kalurahan juga sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan di Pemerintah Kalurahan, oleh karena itu pelaksanaan tertib administrasi mutlak untuk dilaksanakan, tertib administrasi tersebut tercermin dalam pengelolaan surat menyurat dan pengelolaan arsipnya. Pengelolaan arsip diharapkan berpedoman pada Petunjuk Teknis Pengeloaan Arsip Pemerintah Desa yang disusun oleh Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman, serta memerlukan dukungan dari berbagai unsur seperti sumber daya manusia, anggaran, sistem, sarana dan prasarana kearsipan dan depo arsip inaktif.

Dari hasil monitoring Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman masih perlu diupayakan pembenahan-pembenahan dari berbagai unsur untuk meningkatkakan pengeloaan tertib arsip yang lebih baik sesuai dengan pedoman  kearsipan yang sudah ada,  terlebih untuk persiapan Lomba EpDeskel Tingkat Provinsi Tahun 2021. Sehingga dari hasil monitoring tersebut dilanjutkan pembinaan dan pendampingan kepada pengelola arsip yang didampingi juga dari Kapanewon Kalasan. Semoga dengan adanya pendampingan pengelolaan kearsipan dan telah didukung dari berbagai unsur pengelolaan kearsipan Kalurahan Tamanmartani akan lebih baik, penemuan kembali arsip dan pelayananan pada masyarakat dapat dilaksanakan dengan cepat tepat dan rapi, sehingga dapat mendukung terwujudnya “Budaya Tertib Arsip” Kabupaten Sleman umumnya dan Kalurahan Tamanmartani khususnya.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan