LdR NGOBRAS #1 Bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Hallo Sobat Pustaka semuanya pada kesempatan kali ini LdR hadir dengan konten baru yaitu Ngobras. Ngobras kepanjangan dari Ngobrol Berkualitas merupakan content baru yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman untuk menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yang dapat memberikan informasi  langsung.

Pada tayangan perdana kali ini, LdR Ngobras #1 menghadirkan narasumber yang sudah sangat dekat dengan kita yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ibu Dra Sri Wantini, M.Pd. dan dipandu oleh host Kepala Bidang Perpustakaan, Bapak Rahman Subadi, S.IP. M.Si. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 Pukul 14.00 WIB live melalui sosial media yaitu Ig, Fb, dan Youtube Perpusarsipsleman.

LdR Ngobras kali ini mengangkat Tema Inovasi Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi dengan Literasi di Rumah (LdR). Berangkat dari adanya fenomena pandemi yang mempengarhui banyak hal, termasuk dalam pelayanan di perpustakaan. Untuk itu, perpustakaan harus terus melakukan inovasi agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Upaya yang dilakukan DPK dalam memberikan layanan ditengah pandemi yaitu dengan beradaptasi sesuai keadaan seperti mengadakan program LdR, program Pesbukan, serta melakukan pembatasan dalam pelayanan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Alasan DPK melaksanakan program LdR karena melihat fenomena saat ini dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana informasi maupun berekspresi, kiranya perpustakaan dapat mengadopsi hal itu untuk menghadirkan program yang menarik minat masyarakat.

Program Literasi di Rumah menjadi sebuah terobosan baru dalam memberikan layanan selama pandemi ini. LdR hadir sebagai salah satu alternatif kegiatan literasi secara daring dimana selama pandemi ini kegiatan belajar di perpustakaan seperti membaca buku dan bermain di perpustakaan praktis tidak bisa dilakukan secara rutin seperti sebelum pandemi.

Video LdR ini dapat diakses masyarakat melalui media sosial perpustakaan yaitu kanal Youtube perpusarsipsleman, Facebook perpustakaan sleman, Twitter perpusip_sleman serta Instagram Perpusarsipsleman.

LdR merupakan sebuah layanan informasi yang dihadirkan dalam format video melalui media sosial berisi konten-konten literasi seperti promosi kegiatan Dinas perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Sleman, storytelling, tipsparenting, dan informasi bermanfaat lain yang bersumber dari sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Ngobras ini merupakan perkembangan dari konten LdR. Meskipun demikian selama kehadiran LdR terdapat pula kendala yang dialami oleh tim antara lain pemetaan usia pemirsa LdR, sehingga tampilan video harus bia disesuaikan pemirsanya,  substansi materi agar tidak membosankan, kreatifitas pengemasan video, serta kualitas video dengan peralatan yang seadanya.

Melihat kendala-kendala tersebut, Kepala DPK Kabupaten Sleman memiliki harapan  dengan diselengarakannya LDR dapat meningkatkan literasi masyarakat baik literasi kesehatan maupun literasi sosial, menjadi sarana rekreatif, pembentukan karakter masyarakat, serta menambah wawasan.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan