Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi

Petugas Perpustakaan Sleman Melakukan Cek Suhu Kepada Pengunjung Perpustakaan

Tahun 2020 menjadi tahun yang bersejarah bagi peradaban dunia, semua aspek kehidupan beradaptasi dengan kehadiran virus Covid-19 atau biasa disingkat Corona. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman yang merupakan salah satu instansi dengan tugas pokok dan fungsi memberikan layanan perpustakaan maupun kearsipan bagi masyarakat di Kabupaten Sleman, juga harus beradaptasi dengan normal baru agar dapat memberikan layanan yang aman bagi masyarakat.

Selama bulan Maret – Juni tahun 2020, layanan di Perpustakaan Sleman tutup, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran corona dan mengikuti aturan pemerintah. Selama layanan perpustakaan tutup banyak sekali masyarakat yang terus bertanya melalui media social  baik whatsap maupun instragam perpusarsip sleman mengenai kapan layanan perpustakaan akan dibuka sehingga masyarakat dapat meminjam buku. Kerinduan masyarakat akan perpustakaan bisa disebabkan karena aktivitas masyarakat selama pandemi yang dibatasi seperti kerja dari rumah atau sekolah dari rumah, sehingga untuk mengisi waktu luang masyarakat membutuhkan bahan bacaan sebagai bentuk hiburan.

Melihat kondisi yang demikian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki terobosan baru dengan menghadirkan program Literasi di Rumah (LDR) sebagai wujud layanan daring yang dapat dinikmati masyarakat dari rumah. Program LDR dihadirkan dalam format video yang dalamnya berisi konten-konten literasi seperti promosi kegiatan perpustakaan, storytelling, tips, parenting, dan lain-lain yang bersumber dari buku yang ada di perpustakaan. Video LDR dapat diakses masyarakat melalui kanal Youtube @Perpusarsipsleman, Facebook @perpustakaan sleman, serta Instagram @Perpusarsipsleman. LDR diharapkan dapat menambah pengetahuan dan mengobati rasa kangen masyarakat dengan layanan perpustakaan dengan format yang menarik dalam bentuk video dan dapat diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Setelah pemerintah mensosialisasikan era normal baru dalam menghadapi virus corona, perpustakaan beradapatasi menghadirkan layanan yang tetap mematuhi protokoler kesehatan yaitu dengan layanan semi tertutup. Disebut semi tertutup karena masyarakat tidak bisa mengakses koleksi buku secara langsung. DPK membatasi akses masyarakat terhadap buku dan ruangan baca serta mempersingkat waktu kunjungan dengan meniadakan layanan baca di tempat. Masyarakat diminta untuk memanfaatkan teknologi yang sudah disediakan untuk mempermudah layanan, yaitu jika ingin membaca buku dapat memanfaatkan E-Book Perpustakaan Sleman serta masyarakat dapat mengakses katalog buku online yang ada di Perpustakaan Sleman dari gawai masing-masing melalui laman https://opac.slemankab.go.id.  Dengan mengakses katalog online masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam mencari koleksi yang diinginkan. Sehingga ketika datang ke perpustakaan tinggal menyebutkan buku dan kode buku yang dicari kepada petugas, petugas mencarikan koleksi, setalah itu pengunjung melihat koleksi jika sesuai permintaan bisa langsung dipinjam di layanan sirkulasi. Selain itu perpustakaan juga menyiapkan 2 komputer pencarian yang dapat digunakan pengunjung untuk mencari koleksi jika belum mempersiapkan koleksi yang akan dipinjam.

Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan oleh pengunjung perpustakaan, yaitu sebelum masuk ke ruang layanan pengunjung diwajibkan untuk cuci tangan, mengisi data diri, serta di cek suhu badan dengan suhu maksimal 37,5’C. Apabila semua prosedur sudah dilalui maka pengunjung boleh masuk dan meminjam koleksi. Penjelasan lebih kanjut mengenai layanan perpustakaan di era normal baru ini dapat disaksikan dalam video LDR https://www.youtube.com/watch?v=z-DHcZav6O4. Semoga masyarakat Sleman tetap bisa memanfaatkan layanan dengan nyaman, tenang, dan aman. Salam Literasi.. Ayo membaca Ayo berkarya

Be the first to comment

Tinggalkan pesan