Kegiatan Stock Opname Bahan Pustaka pada masa pandemi Covid-19 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman pada masa pandemi covid 19 ini melakukan kegiatan Stock Opname. Sesuai surat tugas yang diberikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 18 Juni 2020 sampai dengan tanggal 1 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh karyawan Bidang Perpustakaan baik pustakawan, staf dan tenaga outsourcing.

Stock Opname bahan Pustaka adalah kegiatan penghitungan bahan pustaka secara riil yang yang ada di kantor, koleksi tandon, dan beberapa mobil layanan perpustakaan keliling. Beberapa tujuan dari kegiatan stockopname ini adalah untuk mengetahui jumlah riil bahan pustaka yang ada, mengetahui jumlah bahan Pustaka yang sedang dipinjam baik dalam peminjaman layanan menetap maupun layanan keliling, dan juga mengetahui jumlah bahan pustaka yang rusak disesuaikan dengan kondisi kerusakan bahan pustaka tersebut baik rusak ringan maupun rusak berat. Kegiatan memilah dan memilih bahan Pustaka yang rusak, baik rusak berat maupun rusak ringan, dan memilah bahan Pustaka out of date dinamakan kegiatan penyiangan.

Proses kegiatan stock opname yaitu diawali dengan melakukan penjajaran (shelving) bahan Pustaka sesuai dengan kelasnya yaitu mengurutkan nomor, 3 digit pengarang dan 1 digit judul.  Pada saat melakukan penjajaran ini petugas stock opname sekaligus melakukan pemilahan bahan Pustaka yang terdeteksi dengan kondisi rusak dan out of date. Bahan Pustaka rusak dan out of date diturunkan dari rak untuk dapat ditindaklanjuti pada proses berikutnya. Bahan Pustaka rusak ringan dapat diperbaiki oleh tim pelestarian pada Seksi Pengelolaan Koleksi Perpustakaan, dan untuk bahan Pustaka rusak berat dilakukan pendataan dan diusulkan penghapusan oleh tim pengelola barang. Pengecekan bahan Pustaka ini meliputi jumlah judul, eksemplar, dan kondisi fisik bahan Pustaka.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan