Kegiatan Pendampingan Perpustakaan Awali Kegiatan Tahun 2019 Sebagai Persiapan Akreditasi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah merupakan sarana pendidikan yang strategis, karena selain sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, juga sebagai barometer standar mutu sekolah. Selain itu perpustakaan memegang peranan penting dalam peningkatan minat baca dan penciptaan masyarakat pembelajar. Akan tetapi kenyataan menunjukkan tidak semua sekolah memiliki fasilitas perpustakaan yang ideal dalam hal manajerial, ketenagaan, dan pengelolaan bahan pustaka.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman diawal tahun 2019 melaksanakan kegiatan Pendampingan Perpustakaan Sekolah di SMPN 1 MLATI sebagai persiapan akreditasi perpustakaan sekolah tahun 2019. Personil pendampingan terdiri dari Wahyuningsih, S.IP selaku Kepala Seksi Pengolahan Bahan Pustaka beserta pejabat fungsional pustakawan yaitu Sri Utami, Agus Widada, dan Arif Hidayat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 14-15 Januari 2019.


Pembinaan perpustakaan di perpustakaan SMPN 1Mlati, Sleman.

Kehadiran Tim Pendampingan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Mlati, Rr. Suratingsih, S.Pd dan pengelola perpustakaan Anjar Hastuti, SIP. Semangat luar biasa dari Kepala Sekolah dan segenap guru untuk membangun perpustakaan yang sekaligus akan akreditasi sekolah, dimana perpustakaan masuk sebagai komponen penting dari kegiatan tersebut.


TTinjauan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, M.M. beserta Kepala Bidang Perpustakaan, Th Okti Herawati, SH dan Ig Yustam Sudrajat selaku Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan melengkapi agenda kegitan tersebut. Kehadiran para pimpinan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diimaksudkan menguatkan komitmen sekolah dalam Kegiatan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Sleman Tahun 2019.

Kegiatan pendampingan berupa pembinaan teknis klasifikasi bahan pustaka, katalogisasi bahan pustaka, inventarisasi bahan pustaka, teknis pengolahan bahan pustaka berbasis IT (Otomasi Perpustakaan), penjajaran bahan pustaka, sampai pada pelayanan kepada pemustaka dalam hal ini siswa dan guru di sekolah. Selain itu juga untuk memenuhi standar perpustakaan sekolah sesuai instrumen akreditasi perpustakaan sekolah dari Perpustakaan Nasional RI.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman juga memberikan bantuan sejumlah perlengkapan administrasi untuk pengelolaan perpustakaan, baik itu alat tulis, buku inventaris perpustakaan, buku kunjungan, dan lain-lain sebagai penunjang kegiatan pembinaan Perpustakaan Sekolah.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan