Kajian Ilmiah Kepustakawan “Pengaruh Pelayanan Informasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pemustaka Remaja di Perpustakaan Kabuapten Sleman”

Pada hari Senin tanggal 31 Desember 2018 bertempat di ruang rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, diselenggarakan Seminar Kajian Kepustakawanan oleh Sukeri, S.Pd.M.Mis dengan judul Pengaruh Pelayanan Informasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pemustaka Remaja di Perpustakaan Kabupaten Sleman.
Seminar kajian penelitian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, M.M., seluruh pejabat struktural, Pejabat Fungsional Pustakawan dan Arsiparis, Analis Kepegawaian dari BPKP Kabupaten Sleman, dan dihadiri pula oleh perwakilan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi D.I. Yogyakarta.
Dalam paparannya Sukeri, S.Pd. M.Mis yang merupakan Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas informasi dari sumber-sumber buku referensi dengan pengetahuan minat belajar pemustaka remaja di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian diskriptif dengan rancangan cross sectional dari seluruh populasi pemustaka di Perpustakaan Kabupaten Sleman sebanyak 605 orang di ambil sampel 83 orang. Dengan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Chi Square.
Dari hasil kajian penelitian tersebut diperoleh hasil penelitian yang menunjukan sebagian besar responden (62,7%) menerima informasi dengan kualitas informasi yang tinggi dan memiliki pengetahuan tentang minat belajar yang tinggi pula. Kemudian juga disampaikan rekomendasi atau perbaikan terhadap kajian penelitian tersebut oleh Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan, Pejabat Struktural, dan oleh peserta seminar.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan