Jambore Literasi ‘Bangun Sinergitas Menuju Sleman Smart Regency”

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selenggarakan Jambore Literasi selama dua hari di Kaliurang Sleman, yaitu pada hari Jumat-Sabtu, 2-3 Agustus 2019. Jambore Literasi diikuti sebanyak 175 peserta ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan menyamakan persepsi sesama pegiat literasi di wilayah Kabupaten Sleman.

Peserta Jambore Literasi kali ini diikuti dari berbagai unsur, terdiri dari pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa, kepala sekolah, kepala desa, kepala dinas terkait, dan pegiat literasi lainnya.

Penandatangan Ikrar Literasi oleh Wakil Bupati Sleman (foto bernas.id)

Jambore Literasi Kabupaten Sleman diadakan pertama kali pada tahun 2018 yang lalu berlokasi di Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman. Jambore Literasi tahun 2019 kali ini diisi dengan banyak kegiatan, seperti talk show, semarak literasi, out bond, dan wisata ke Tlogo Putri Kaliurang. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan Ikrar Literasi guna menyatukan komitmen dalam meningkatkan budaya literasi. Pembacaan ikrar dipimpin oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes.,  dan juga ditandatangani oleh Ketua IPI Sleman, Ketua ATPUSI Sleman, Ketua FTBM Sleman, Ketua GPMB Sleman, perwakilan dari Perpustakaan Desa, dan juga Wakil Bupati Sleman.

Wakil Bupati Sleman dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa jambore literasi ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menuju Sleman Smart Regency tahun 2021. Smart Education dapat diwujudkan salah satunya dengan meningkatkan minat baca dan tulis di kalangan generasi milenial.

Foto bersama peserta Jambore Literasi Kabupaten Sleman Tahun 2019

Jambore Literasi ini diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi antara pemerintah dengan pegiat literasi untuk bersama berupaya meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di Sleman. Sinergitas ini sangat penting mengingat membudayakan masyarakat untuk gemar membaca perlu dilakukan secara terus-menerus oleh berbagai pihak.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan