Genta Cahaya (Gerakan Cinta Membaca Menghasilkan Karya) Hadir di Sleman Fair: Workshop Ecoprint Pounding

Selain ikut meramaikan Sleman Fair dengan mengambil bagian di stand pameran, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menampilkan Genta Cahaya (Gerakan Cinta Membaca Menghasilkan Karya) Hadir di Sleman Fair: Workshop Ecoprint Pounding pada tanggal 8 Agustus 2019 pukul 10.00 – 14.00 WIB di alun-alun Ambarukmo Plaza.

Genta Cahaya merupakan bentuk transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dimana layanan perpustakaan tidak hanya menyediakan referensi informasi tetapi lebih dari itu, perpustakaan berusaha menghadirkan literasi yang bisa meningkatkan life skill masyarakat sehingga bisa menjadi katalisator dalam peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Genta Cahaya kali ini mengambil tema Ecoprint Pounding yang merupakan teknik unik pewarnaan dan motif kain alami yang dipandu oleh ibu Hastuti Setyaningrum, S.Pd. Ecoprint adalah salah satu teknik membuat motif di kain dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di sekitar kita seperti daun, bunga dan bagian tumbuhan yang lain. Salah satu teknik yang paling mudah yaitu teknik pounding yaitu dengan cara memukul-mukul daun yang sudah disusun sedemikian rupa di kain sampai mengeluarkan pikmen warna alami (getah) dari daun tersebut.

Workshop kali ini banyak diikuti oleh ibu-ibu pengunjung Sleman Fair. Antusiasme pengunjung untuk ikut serta cukup tinggi. Selain mudah dipraktekkan langsung, peserta juga senang bisa langsung membawa hasil praktek selama workshop.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan