FINAL LOMBA PERPUSTAKAAN DESA, KOMUNITAS, SD/MI dan SMP/MTs KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

Lomba Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memasuki tahap akhir penilaian, yaitu tahap presentasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Juni 2019 bertempat di Joglo Lohjinawi, Nglempongsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman dan diikuti oleh 20 finalis. Rangkaian tahapan penilaian sebelumnya diawali dengan tahapan penilaian profil perpustakaan dan penilaian visitasi oleh Dewan Juri.

Saeful Cahyadi, pengelola Perpustakaan Dusun Jlegongan yang muda, aktif, kreatif, inovatif, dan juga penulis buku. Mengkolaborasikan semua unsur dan kalangan masyarakat dalam berkegiatan dan mengelola sesuai dengan era milenal dan aktif dalam media sosial.

Peserta Lomba terdiri dari 4 (empat) kategori, yaitu 5 finalis Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SD/MI se-Kabupaten Sleman, 5 finalis Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Sleman, 5 finalis Lomba Perpustakaan Masyarakat/Komunitas se-Kabupaten Sleman, dan 5 finalis Lomba Perpustakaan Desa se-Kabupaten Sleman.

Hadir dalam acara pembukaan sekaligus memberikan sambutan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, M.M. Dalam sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya lomba perpustakaan ini adalah untuk menggerakkan budaya literasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman. “Literasi informasi menjadi penting karena akan menyelamatkan masa depan generasi bangsa ini,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mengatakan lomba perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memotivasi para pengelola perpustakaan agar bisa  mengelola perpustakaan sesuai ketentuan. “Sesudah motivasi, akan diberikan penghargaan. Ini juga akan menjadi feedback bagi kami, apakah komunikasi pembinaan dari kami selama ini diterima baik oleh masyarakat sesuai program kami, yaitu memasyarakatkan minat baca, meningkatkan minat baca sehingga akhirnya menjadi budaya baca”.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan sesi presentasi masing-masing finalis lomba perpustakaan yang terbagi menjadi 4 kelompok kategori dengan masing-masing 3 orang dewan juri. Peserta diberi waktu 10 menit untuk presentasi dan dilanjutkan tanya-jawab. Selanjutnya dewan juri memberikan penilaian untuk memilih 5 peserta dengan nilai tertinggi yang akan mendapatkan penghargaan di sesi penutupan acara.

Di sesi pengumuman pemenang, tepuk tangan peserta memeriahkan suasana saat pembawa acara membacakan hasil penilaian. Para pemenang maju ke depan untuk menerima trophy dan penghargaan serta foto bersama. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menutup acara dan menyampaikan pesan sekaligus ajakan kepada para peserta untuk menjaga semangat dan terus aktif berperan serta dalam gerakan literasi di Kabupaten Sleman. 

Juara Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2019

Juara Lomba Perpustakaan Komunitas/ Masyarakat Kabupaten Tahun 2019

Berikut daftar pemenang lomba perpustakaan tahun 2019:

PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT SD/MI
Juara I: SD Budi Mulia Dua, Wedomartani, Ngemplak
Juara II: SD Kanisius Mangunan, Kalitirto, Berbah
Juara III: SDIT Alam Nurul Islam, Nogotirto, Gamping
Juara Harapan I: SDN Babarsari, Depok
Juara Harapan II: SDN Ngangkrik, Sleman

PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT SMP/MTs
Juara I: SMPN 1 Sleman
Juara II: SMPN 1 Depok
Juara III: MTsN 1 Sleman
Juara Harapan I: SMPN 1 Mlati
Juara Harapan II: SMPN 4 Depok

PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN KOMUNITAS/MASYARAKAT
Juara I: Perpustakaan Wijaya Kusuma, Wedomartani, Ngemplak
Juara II: Perpustakaan Dusun Jlegongan, Margodadi, Seyegan
Juara III: Sanggar Bocah Jetis, Caturharjo, Sleman
Juara Harapan I: Sanggar Studio Biru, Sumberharjo, Prambanan
Juara Harapan II: Bercak Pustaka, Jogotirto, Berbah

PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN DESA
Juara I: Perpusdes PENA Sumberharjo, Prambanan
Juara II: Perpusdes Banyurejo, Tempel
Juara III: Perpusdes MESRA Merdikorejo, Tempel
Juara Harapan I: Perpusdes Umbulmartani, Ngemplak
Juara Harapan II: Perpusdes Banyuraden, Gamping

Be the first to comment

Tinggalkan pesan