Evaluasi Penyelenggaraan Kearsipan terhadap 48 Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman (Hari ke-5 dan ke-6)

Pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan kearsipan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada hari kelima dan keenam dilakukan terhadap 16 (enam belas) Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Perangkat Daerah yang dievaluasi pada tanggal 12 Oktober 2020 adalah Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Pariwisata, Kapanewon Minggir, Moyudan, Cangkringan, dan Seyegan. Perangkat Daerah yang dievaluasi pada tanggal 13 Oktober 2020 adalah Sekretariat Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Inspektorat Kabupaten,  Dinas Komunikasi dan Informatika, Kapanewon Sleman, Pakem, Tempel, dan Ngemplak.

Metode evaluasi yang dilaksanakan sama dengan metode evaluasi yang sudah dilaksanakan pada hari-hari sebelumnya, yaitu tim dari perangkat daerah (pejabat eselon IV yang membidangi kearsipan beserta 1 (satu) atau 2 (dua) orang pengelola arsip) hadir ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk menyampaikan instrumen evaluasi beserta bukti fisik,  wawancara dengan tim evaluasi, dan uji petik arsip dinamis aktif dan inaktif.

Aspek penilaian yang dievaluasi adalah aspek organisasi, pengelolaan arsip aktif di unit kearsipan, pengelolaan arsip inaktif, pengelolaan arsip aktif di unit pengolah, personalia, sarana dan prasarana kearsipan, serta pemasyarakatan kearsipan.

Selain untuk memotret pelaksanaan penyelenggaraan kearsipan di perangkat daerah, evaluasi ini juga bertujuan untuk melaksanakan pembinaan kearsipan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan