Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Buka Puasa Bersama FTBM, GPMB, dan Perpustakaan Desa

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman buka puasa bersama FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat), GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) dan juga Perpustakaan Desa. Acara diawali pembacaan doa yang dipimpin oleh Sidik Pratomo selaku ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sleman dan dilanjutkan lantunan ayat-ayat Al Quran yang dibawakan oleh Nazzatul Farhanah, MIP.

Dalam acara ini diisi Tausiah Literasi oleh Dr. Muhsin Kalida, MA selaku Pegiat Literasi Nasional dan juga sebagai dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam tausiah literasi ini, disampaikan bahwasannya Al Quran turun 1440 tahun yang mana surat yang pertama kali turun QS: Al Alaq ayat 1-5 memerintahkan manusia untuk membaca, sebelum sholat, zakat, atau puasa. Di sini ditekankan betapa pentingnya kita membaca dan menulis dimana dua hal ini tak dapat dipisahkan. Membaca dan menulis adalah pangkal dari pencarian ilmu, karena dengan ilmulah manusia akan ditinggikan derajatnya oleh Yang Maha Esa.

Dalam acara ini juga dilaksanakan Arisan Buku yang merupakan agenda 2 bulanan FTBM Sleman. Arisan buku merupakan salah satu alternatif bagi perpustakaan komunitas dan TBM dalam menambah jumlah koleksi di tempat mereka. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan arisan buku ini, yang diikuti sekitar 30 perpustakaan dan TBM.

Dalam acara syawalan dihasilkan rencana kegiatan Wisata Literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman bersama FTBM dan GPMB Sleman. Kegiatan Wisata Literasi tersebut direncanakan akan mengunjungi salah satu TBM di Magelang dan Arung Jeram di Sungai Elo.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan