Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Menggelar Lomba Cerita Budaya Daerah Tahun 2020

Sleman(6/02) Wayang  merupakan warisan budaya adiluhung yang patut dilestarikan oleh bangsa Indonesia. Wayang mengandung ajaran budi pekerti,  dunia wayang memperkenalkan tokoh tokoh yang memberi keteladanan untuk membangun budi pekerti, laku hidup yang sepatutnya diresapi, dijalankan dan dihayati melalui kedalam hidup sehari hari. Jadi Wayang merupakan santapan rohani yang berjati diri dan berkepribadian. Melalui Cerita Wayang mampu membangun generasi muda bangsa sehingga perlu sekali mendorong anak anak mengenal cerita wayang.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, menyelenggrakan Lomba Cerita Wayang bagi siswa SD/MI se Kabupaten Sleman dengan maksud untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal sekaligus menanamkan pendidikan karakter kepada siswa sejak usia dini. Tema Lomba “ Generasi Smart pelestari Budaya Daerah melalui Cerita Wayang” . Bagi siswa menceritakan kisah pewayangan yang mengandung nilai kebaikan serta mengajarkan karakter tokoh wayang tersebut untuk diteladani dan dapat dijadikan sebagai sumber motivasi oleh siswa. Dimana motivasi tersebut merupakan suatu kondisi yang dapat menimbulkan perilaku serta memberi arah pada tingkah laku anak.  Siswa yang memiliki motivasi akan memiliki kualitas keterlibatan belajar yang tinggi, perasaan dan keterlibatan afektif siswa sangat tinggi dan selalu berupaya memelihara atau menjaga agar selalu memiliki motivasi belajar yang tinggi pula.

Ketentuan Lomba adalah siswa tingkat SD/MI kelas 4-5 di Kabuapten Sleman, menyerahkan naskah dan video dengan durasi 3-4 menit. Pendaftaran peserta dan pengumpulan video peserta mulai 1 s/d 18 Februari 2020. Pengumuman Semi Final 30 besar 20 Februari dan pelaksanaan Final Lomba Cerita Budaya Daerah (Cerita Wayang) diselenggarakan tanggal 24 Februari 2020. Informasi selengkapnya dapat menghubungi : Perpustakaan Sleman 082133185559; Annisa Fitri, A.Md. 081915439250.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan