Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Gelar Bimbingan Teknologi Informasi Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai salah satu instansi yang memberikan pelayanan publik dituntut untuk selalu berinovasi baik di Bidang Perpustakaan maupun Bidang Kearsipan. Tujuan inovasi di Bidang Perpustakaan yaitu untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi atau koleksi yang disediakan perpustakaan. Perpustakaan saat ini sudah menggunakan sistem digital atau bisa di sebut juga sistem otomasi. Sistem otomasi merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI).

Sebagai bentuk pembinaan kepada perpustakaan di wilayah Kabupaten Sleman, baik itu perpustakaan desa maupun perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Teknologi Informasi Perpustakaan. Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh 40 peserta dari pengelola perpustakaan sekolah yang dibagi menjadi dua gelombang serta dilaksanakan pada tanggal 23-24 Mei 2018 dan 30-31 Mei 2018 di Ruang Rapat Bidang Perpustakaan.

Materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut adalah otomasi perpustakaan berbasis SLiMS (Senayan Library Management Systems). Aplikasi ini bersifat open source dan pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional.

Otomasi Perpustakaan (Library Automation) merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan menyebarluaskan informasi serta mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi. Hal ini bertujuan agara pelayanan yang ada di perpustakaan dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Manfaat dalam menerapkan sistem otomasi antara lain:

  1. Mengatasi keterbatasan waktu
  2. Mempermudah akses informasi dari berbagai pendekatan misalnya dari judul, kata kunci judul, pengarang, kata kunci pengarang dan sebagainya.
  3. Dapat dimanfaatkan secara bersama-sama
  4. Mempercepat proses pengolahan, peminjaman dan pengembalian
  5. Memperingan pekerjaan
  6. Meningkatkan layanan
  7. Memudahkan dalam pembuatan laporan statistik
  8. Menghemat biaya

Be the first to comment

Tinggalkan pesan