Dinas Arpus Kota Surakarta “Ngangsu Kawruh” ke Sleman

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 9 Maret 2017, pukul 09.00 WIB Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menerima tamu dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta. Rombongan yang berjumlah 60 orang terdiri dari peserta bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan desa dan beberapa staf Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta dipimpin oleh Sekretaris Dinas Bapak Drs. Agus Wiyono, M.Si.

Menyambut rombongan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta di teras Kantor Perpustakaan Kabupaten Sleman

Sambut kedatangan rombongan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta Rombongan  diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ibu Ir. A.A. Ayu Laksmidewi TP, MM, Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Th. Okti Herawati, SH, dan Kepala Seksi Pemberdayaan Perpustakaan Bapak Drs. Ign. Yustam Sudrajat. Dalam kesempatan ini Bapak Drs. Ign. Yustam Sudrajat juga menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mempunyai program “Rintisan Desa Gemar Membaca”, untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya pengenalan kegiatan gemar membaca termasuk teknis pengelolaan perpustakaan di tingkat masyarakat desa untuk menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca sehingga terwujudnya budaya gemar membaca di masa yang akan datang.

Sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Sleman

Setelah bersilaturahmi dan melihat – lihat gedung perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Widodomartani untuk melakukan studi banding ke Perpustakaan Desa Widodo. Perpustakaan Desa WIDODO adalah perpustakaan desa yang meraih juara I dalam lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional Tahun 2016.

Sesampainya di Desa Widodomartani, rombongan disambut oleh Kepala Desa Widodomartani Bapak Heruyono, ST, Sekretaris Desa Bapak Taufiq Wahyu Widodo, SH dan Kepala Perpustakaan Widodo Bapak Susilo Widodo, S.Si. Rombongan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta berkesempatan mendengarkan presentasi dari pengurus perpustakaan desa Widodo Bapak Dhidhik Irfasa tentang profile, program unggulan dan kunci sukses perpustakaan desa Widodo meraih juara tingkat nasional.

Paparan dari pengelola Perpustakaan Widodo

Dijelaskan pula oleh Bapak Susilo Widodo, S.Si, bahwa perpustakaan desa Widodo mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pihak Pemerintah Desa Widodomartani untuk membangun sebuah perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Widodomartani. Hal itu dibuktikan dengan penyediaan sarana prasarana dan penyediaan anggaran dari APBDes lebih dari 100 juta rupiah. Dalam hal ini Pemerintah Desa Widodomartani memahami sepenuhnya amanah Undang – Undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta berharap dengan adanya pertemuan yang singkat ini dapat memberikan inspirasi dan informasi bagi para pengelola perpustakaan desa, dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perpustakaan desa di Kota Surakarta.

[sarie/editor]

Be the first to comment

Tinggalkan pesan