Bimtek Pengawasan Kearsipan Tahun 2020

Pada hari Rabu, 4 Maret 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Praja II Lantai II Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Bimtek Pengawasan Kearsipan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Arsiparis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, beberapa pejabat struktural dan staf terkait dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, serta dari Inspektorat Kabupaten.

Narasumber Bimtek Pengawasan Kearsipan tersebut yaitu Drs. Burhanudin Dwi Rohmatun, Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemda DIY, Dra. Anna Nunuk Nuryani, Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemda DIY, serta Dra. Puji Astuti, Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Acara Bimtek dimulai dengan laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Dra. Sri Wantini, M.Pd dan dibuka secara resmi oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Arif Haryono, S.H. Pada kesempatan tersebut, Arif menyampaikan bahwa urusan kearsipan telah menempati posisi penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata lagi, mengingat pengelolaan arsip telah menjadi bagian dari penilaian Reformasi Birokrasi yang ditunjukkan dalam angka indeks pengawasan kearsipan.

Dalam upaya menyelamatkan arsip maka perlu untuk mendorong perangkat daerah selaku pencipta arsip dan lembaga kearsipan daerah untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Guna mendorong dan mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan pada perangkat daerah selaku pencipta arsip, maka dibutuhkan pengawasan kearsipan yang telah diatur dalam Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan, dimana disebutkan bahwa pengawasan kearsipan internal dilakukan oleh lembaga kearsipan daerah terhadap penyelenggaraan kearsipan di perangkat daerah baik di unit kearsipan maupun unit pengolah.

Pengawasan kearsipan membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten sehingga sebagai langkah awal yang ditempuh adalah mempersiapkan personil yang akan terlibat dalam pelaksanaan pengawasan kearsipan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis pengawasan kearsipan untuk memberikan bekal pengetahuan, wawasan, serta ketrampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas tersebut.

Pada kesempatan tersebut, diinformasikan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman telah berhasil meraih peringkat IV dan mendapatkan Piagam Penghargaan Pengawasan Kearsipan Nasional dengan nilai 92,65 pada kategori “Sangat Memuaskan”. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Wakil Bupati Sleman, Hj. Sri Muslimatun, M.Kes pada acara Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Nasional yang diselenggarakan oleh ANRI di The Sunan Hotel, Surakarta pada tanggal 25 s.d 28 Februari 2020.

Semoga prestasi yang telah diraih Kabupaten Sleman akan menjadi pendorong bagi seluruh perangkat daerah dalam dalam mewujudkan tertib pengelolaan arsip.(bt)

Be the first to comment

Tinggalkan pesan