Bimtek Kearsipan Dinas Kesehatan Tahun 2020

Pada hari Rabu, 22 Juli 2020, Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Betty Indriati dan Antun Siwi Astutiningsih menjadi narasumber dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan yang bertempat di Restoran Taman Pringsewu Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta.

Bimtek Kearsipan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari pengelola arsip Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas se-Kabupaten Sleman dan pengelola arsip di lingkungan Dinas Kesehatan. Adapun materi yang disampaikan narasumber yaitu Pengelolaan Arsip Dinamis oleh Antun Siwi Astutiningsih dan Penyusutan Arsip oleh Betty Indriati.

Acara Bimtek yang tetap mengedepankan protokol kesehatan ini dimulai dengan laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Etylusfina, S.KM, M.Kes dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Cahya Purnama, M.Kes. Pada kesempatan tersebut, Cahya Purnama menyampaikan bahwa urusan kearsipan menempati posisi penting dalam penyelenggaraan pemerintah khususnya di Dinas Kesehatan maupun UPT Puskesmas. Agar pengelolaan kearsipan dapat berjalan dengan baik, maka daur hidup arsip harus berjalan mulai dari penciptaan sampai dengan penyusutan. Permasalahan yang terjadi di lingkungan Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas bahwasanya belum pernah dilakukan penyusutan arsip, sehingga banyak volume arsip yang tersimpan dan menumpuk. Hal ini perlu dilakukan tindak lanjut agar pengelolaan arsip dapat sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terwujud pengelolaan kearsipan yang benar.

Selanjutnya sesi diskusi yang dipandu oleh Arsiparis Dinas Kesehatan Budi Wahyono, pembahasan pokoknya adalah pada penyusutan arsip, yang mana para pengelola arsip mengeluhkan banyaknya arsip yang tercipta namun tidak diiringi dengan kegiatan pemusnahan arsip. Jenis arsip yang menjadi permasalahan diantaranya adalah arsip rekam medis yang telah lampau, resep-resep obat, surat pertanggungjawaban, dan masih banyak lagi jenis arsip urusan kesehatan yang telah lampau. Untuk itu, pemateri menyampaikan agar Dinas Kesehatan selaku instansi induk dari UPT Puskesmas dapat menginventarisir jenis arsip apa saja yang tercipta kemudian dicarikan pedoman pemusnahan arsip dalam Jadwal Retensi Arsip (JRA) khususnya untuk arsip-arsip yang berketerangan musnah, sehingga dapat menjadi acuan UPT Puskesmas dalam memprogramkan kegiatan penyusutan arsip.

Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, diharapkan perangkat daerah khususnya Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas dapat meningkatkan pengelolaan kearsipan dan dapat mewujudkan tertib arsip sesuai dengan kaidah dan prinsip kearsipan yang benar. (beth)

Be the first to comment

Tinggalkan pesan