Bimbingan Teknis Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014 – 2019

Senin, 30 Nopember 2020 bertempat di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Sleman Jalan Candi Gebang, Beran, Tridadi Sleman, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara periode 2014 – 2019 bagi pengelola arsip pada 48 perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Dasar  dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 01 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Masa Pemerintahan Periode 2014 – 2019 dan Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 045/02634 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019.

Maksud dilaksanakan Bimbingan Teknis adalah menambah dan meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan pengelola arsip perangkat daerah tentang kebijakan dan tata cara penyelamatan dan pelestarian arsip dengan tujuan mendorong dan menggerakkan pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk melaksanakan penyelamatan dan pelestarian arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta identitas dan memori kolektif bangsa.

Materi bimtek yang disampaikan adalah  kebijakan penyelamatan dan pelestarian arsip di Kabupaten Sleman yang disampaikan oleh Dra. Sri Wantini, M.Pd, Implementasi penyelamatan dan pelestarian arsip negara periode 2014 – 2019  di sampaikan oleh Dra. Anna Nunuk Nuryani, serta tehnik dan tata penyelamatan dan pelestarian arsip negara di Lingkungan  Pemerintah Kabupaten Sleman disampaikan oleh Dra. Puji Astuti. Dengan dilaksanakan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap penyelamatan dan pelestarian arsip pada perangkat daerah sebagai pencipta arsip dan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan