Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Sekolah

Dalam rangka penguatan kinerja Pengelola Perpustakaan Tingkat SMP di Kabupaten Sleman, Dinas Pendidikan menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kompetensi bagi Tenaga Administrasi pada tahun 2021. Bimtek kali ini ditujukan bagi petugas atau pengelola perpustakaan sekolah. Kegiatan diselenggarakan selama 2 hari, yaitu tanggal 22 dan 23 Februari 2021, bertempat di Prima SR Hotel dan Convention dan diikuti oleh 54 peserta dari sekolah negeri se-Kabupaten Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana membuka sekaligus menyampaikan materi Kebijakan Dinas Pendidikan. Ery Widaryana mengatakan “pengelola perpustakaan punya peran yang sangat penting karena keberadaan perpustakaan di sekolah betul-betul urgent dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan”. Selain itu, hadir juga Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dwi Warni Yuliastuti sebagai narasumber dalam materi Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha.

Pustakawan Sleman, Arif Hidayat, menyampaikan materi Klasifikasi dan Katalogisasi

Materi teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah tentang Klasifikasi dan Katalogisasi, Inventarisasi dan Kelengkapan Koleksi, Otomasi Perpustakaan serta Akreditasi Perpustakaan dibawakan oleh narasumber dari Perputakaan Daerah Kabupaten Sleman yaitu  Arif Hidayat dan Agus Widada, sedangkan motivasi kerja bagi Petugas Perpustakaan disampaikan oleh RUA Zainal Fanani dari Madrasah Aliyah Negeri 3 Yogyakarta yang merupakan prestator sekaligus juri Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional.

Dengan Bimtek ini diharapkan akan lebih meningkatkan pemahaman dan kemampuan petugas perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah dalam mendukung kegiatan belajar mengajar dan gerakan literasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

Agus Widada, Pustakawan Sleman, menyampaikan materi Otomasi Perpustakaan

Kegiatan tersebut diharapkan juga sebagai penjaringan peserta akreditasi Perpustakaan Sekolah Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu.

Berdasarkan hal tersebut di atas, tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Be the first to comment

Tinggalkan pesan