Audit Kearsipan Internal Pada 12 (Dua Belas) Perangkat Daerah Yang Dilaksanakan Oleh Tim Pengawasan Kearsipan Kelompok IV

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman selaku Lembaga Kearsipan Daerah kembali melaksanakan kegiatan Audit Kearsipan Internal terhadap 48 (empat puluh delapan) perangkat daerah pada tahun 2021 ini. Adapun pelaksanaan Audit Kearsipan Internal tersebut dibagi menjadi 4 (empat) kelompok dimana setiap kelompok bertanggungjawab terhadap 12 (dua belas) perangkat daerah.

Pengawasan dilakukan oleh Tim Pengawas Kearsipan Internal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang dibentuk oleh Bupati Sleman melalui Keputusan Bupati Sleman Nomor 10.3/Kep.KDH/A/2021. Adapun Tim Pengawasan Kearsipan Kelompok IV terdiri dari : Catur Heni Priana, S.S.T.Ars. sebagai Ketua selanjutnya anggotanya adalah: Nunik Pujiyati, S.Pd (DPK); Dra. Mamik Suparmi (DPK); Nursatyo Nugroho, S.Sos., MPA (Bagian Organisasi Setda Sleman)., dan Nanik Endrawati, S.Pd. (Inspektorat Kabupaten Sleman). Adapun 12 (dua belas) Perangkat Daerah yang menjadi sasaran audit oleh Kelompok IV adalah sebagai berikut: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kapanewon Kalasan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kapanewon Godean, Dinas Pariwisata, Kapanewon Seyegan, dan Kapanewon Ngemplak.

Pengawasan Kearsipan Internal dilakukan melalui kegiatan pengawasan atas pelaksanaan pengelolaan arsip dinamis, sumber daya manusia kearsipan, serta prasarana dan sarana kearsipan. Pengawasan kearsipan terhadap pengelolaan arsip dinamis dilakukan dengan  audit kearsipan internal melalui proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar kearsipan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektivitas, efisiensi, dan keandalan  penyelenggaraan kearsipan.

Maksud dan tujuan pelaksanaan pengawasan kearsipan internal terhadap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman adalah untuk menguji ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan kearsipan dalam pengelolaan arsip dinamis yang dilaksanakan oleh Unit Pengolah dan Unit Kearsipan di lingkungan Perangkat Daerah tersebut. (CHP)

Be the first to comment

Tinggalkan pesan