Audit Kearsipan Internal di 12 Perangkat Daerah

Sebagai tindak lanjut Peraturan Kepala ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melaksanakan Audit Kearsipan Internal terhadap 48 perangkat daerah mulai tanggal 29 Maret sampai dengan 6 April 2021. Pelaksanaan audit kearsipan internal ini dibagi dalam 4 tim/kelompok.

Salah satu tim audit kearsipan internal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melaksanakan audit kearsipan internal di 12 perangkat daerah, yaitu:

  1. Sekretariat DPRD,
  2. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah,
  3. Dinas Pemuda dan Olahraga,
  4. Inspektorat Kabupaten,
  5. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah,
  6. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Kawasan Permukiman,
  7. Dinas Sosial,
  8. Kapanewon Gamping,
  9. Kapanewon Minggir,
  10. Kapanewon Tempel,
  11. Kapanewon Cangkringan, dan
  12. RSUD Prambanan.

Terdapat 6 aspek yang menjadi materi utama audit kearsipan. Dari 12 perangkat daerah diatas hasil audit pada aspek penyusutan sebagian besar belum dilakukan, terutama untuk pemusnahan dan penyerahan arsip. Sedangkan aspek yang lain yaitu penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, SDM dan Sarana prasarana, relatif lebih baik dibanding tahun 2020.

Adanya audit kearsipan internal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi perangkat daerah untuk lebih meningkatkan pengelolaan arsip sehingga tercipta tertib arsip perangkat daerah. (PA)

Be the first to comment

Tinggalkan pesan